ID | EN

Jakarta jadi Tuan Rumah Formula E Juni 2020

Formula E tahun 2020 akan diselenggarakan di Jakarta pada 6 Juni 2020 dan akan mengambil trek balap di Monas.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Formula E mengumumkan masuknya sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020 l. Kejuaraan balap dengan kendaraan elektrik single-seater ini resmi akan diadakan di jantung kota, tepatnya di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada 6 Juni 2020. Rencana ini diumumkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Chief Officer Formula E Championship, Alberto Longo, pada konferensi pers Jakarta E-Prix 2020 di Monas, Jumat (20/9/2019).

“Bulan Juli lalu di New York saya bersama Alberto membicarakan fase lanjutan tentang rencana menjadikan Jakarta tuan rumah Formula E 2020. Dan alhamdulillah pembicaraan itu semuanya tuntas di bulan Agustus dan pada sore hari ini kita mendapatkan kehormatan. Saya menyampaikan kepada masyarakat Jakarta dan Indonesia bahwa perlombaan balap mobil Formula E tahun 2020 Insya Allah akan diselenggarakan di Jakarta pada Sabtu, tanggal 6 Juni 2020 dan akan mengambil trek balap di Monas ini,” ujar Anies.

Menurut Anies, ajang bergengsi yang digelar di tiga benua itu sejalan dengan visi transportasi Jakarta, yang menggunakan transportasi bebas emisi. Sehingga akan berdampak pada lingkungan serta gaya hidup masayarakat untuk menggunakan transportasi berbasis energi sustainable. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan Formula E akan memberikan dampak pada perekonomian di DKI Jakarta. Terutama sektor sport tourism, yang akan memberikan manfaat pada okupasi hotel, restoran, dan tentunya ekonomi warga Jakarta.

Manfaat yang akan dirasakan memang jangka panjang. Anies menegaskan telah menandatangani kontrak penyelenggaraan selama lima tahun berturut-turut, sehingga apa yang diinventasikan pada 2020 nanti akan memberikan dampak signifikan empat tahun sesudahnya. Event ini nantinya akan dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo.

Sementara itu, penyelenggaraan Formula E di Jakarta juga mendapatkan sambutan yang baik dari Alberto Longo. “Formula E adalah senjata untuk melawan perubahan iklim dan polusi kota dan kita selalu balapan di jantung kota, dan alasan menjadikan jakarta karena kita memiliki kesamaan visi untuk memberikan perhatian lebih ke planet ini dan bagian solusi dari itu adalah Formula E, yang merupakan platform promosi untuk masyarakat lebih mencintai lingkungan hidup,” terangnya.

Scroll To Top