ID | EN

Surga Tersembunyi Di Tana Toraja Dengan Pemandangan Spektakuler

Anda suka traveling sambil menikmati pemandangan yang memukau? Tandanya Anda harus mengunjungi Tana Toraja. Karena destinasi wisata ini memiliki hidden gem untuk dikunjungi.
Photo source: Unsplash
 
Kebudayaan dan adat istiadat Suku Toraja sudah terkenal hingga ke mancanegara. Namun, siapa sangka kalau selain adat dan budayanya yang melekat masih dipegang teguh sampai sekarang? Ya, di tanah Suku Toraja inilah banyak terdapat surga tersembunyi yang memiliki pemandangan spektakuler. Mau tahu? Wait, jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan saat berkunjung ke sini, yaaa…. Yuk, lanjut keep scrolling!
 
1. Rammang-Rammang
Sumber: Photo by detik.com
 
Tempat ini dipenuhi dengan bebatuan kapur. Namun Anda dapat menikmati pemandangan indah seperti Telaga Bidadari dan Taman Hutan Batu Kapur. Walaupun dikenal sebagai salah satu destinasi populer, Rammang-Rammang selalu memiliki suasana yang tenang dan membuat para pengunjungnya betah berlama-lama di sini. Lokasinya berada di Salenrang, Bontua, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp2.500,- saja. Jam operasional mulai dari 09.00-17.00 WITA.
 
2. Gumuk Pasir Sumalu
Sumber: Photo by superlive.id
 
Siapa bilang bermain pasir hanya bisa dilakukan di pantai? Nah, kalau ke Tana Toraja, Anda bisa bermain pasir di Gumuk Pasir Sumalu. Dilihat dari jauh, Gumuk Pasir Sumalu tampak seperti pegunungan hitam di tengah hutan dengan hamparan padang rumput. Pemandangan di sini akan semakin terlihat menawan menjelang sore hari. Saat matahari terbenam di barat, langit berubah menjadi berwarna jingga, dan cahaya temaram dari matahari membuat pemandangan Gumuk Pasir Sumalu semakin indah dan eksotis. Berada di Rantebua Sumalu, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Buka setiap hari dan gratis, lho!
 
 
3. Bukit Ollon
Sumber: Photo by genpi.co
 
Bukit ini sebenarnya adalah kumpulan bukit yang saling berdekatan. Masyarakat setempat menjadikannya sebagai tempat untuk memberi makan ternak mereka. Karena dikenal dengan pemandangannya yang terlalu fantastik, membuat banyak turis datang hingga mendirikan tenda untuk berkemah di sini. Pemandangan di Bukit Ollon semakin terlihat wah ketika malam tiba. Lokasinya yang hampir tidak ada polusi cahaya, menjadikan hamparan bintang di langit dapat terlihat dengan jelas. Bukit Ollon terletak di Ollon, Bau, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan Untuk jam operasional buka 24/7 dengan biaya masuk Rp10.000,-.
 
4. Taman Prasejarah Leang-Leang
Sumber: photo by medcom
 
Di Taman Prasejarah Leang-Leang, terdapat lukisan karya manusia purba yang sudah berusia ribuan tahun. Ada dua gua yang memiliki lukisan, yaitu Gua Pettakere dan Gua Pettae. Lukisan-lukisan ini terdiri dari banyak gambar. terutama di sini banyak sekali ditemukan gambar tangan dan babi rusa. Semuanya berwarna merah dan dilukis di bagian dinding gua. Para peneliti memperkirakan kalau lukisan ini dibuat 5.000 tahun silam. Wow! Bila Anda mau mengunjungi tempat ini, wajib ditemani oleh guide. Karena lokasinya gelap dan memiliki medan yang cukup berbahaya. Tempat ini berokasi di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Anda dapat mengunjunginya setiap hari mulai dari jam 08.00-16.00 WITA, dengan tiket masuk seharga: Rp15.000,-.
 
5. Telaga Limbong
Sumber: Photo by batualuselatan
 
Selain memiliki perbukitan hijau, Tana Toraja juga memiliki Telaga Limbong yang unik. Pada uumnya, danau berada di area perbukitan, tapi beda halnya dengan Telaga Limbong. Tempat ini justru dikelilingi oleh tebing batu cadas hitam yang tinggi dan hutan di sisi kiri danau. Bisakah Anda bayangkan? Saat berada di tempat ini, Anda akan merasakan seolah-olah berada di dunia lain yang jauh dari jangkauan manusia. Memiliki suasana yang hening dan tenang, that’s why cocok bagi Anda yang ingin menyendiri untuk menyepi, healing, dan hibernate. Dijamin pulang dari sini pasti pikiran jadi terasa lebih segar. Oh iya, tempat ini juga memiliki pemandangan yang bagus untuk foto-foto juga, lho. Jadi jangan lupa berfoto ria dan ciptakan momen yang tak terlupakan. Tempat ini erlokasi di Mentirotiku, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Buka setiap hari dari jam 07.00-18.00 WITA. Biaya masuk sebesar Rp10.000,-. Dari 5 daftar destinasi di atas, mana yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu di Tana Toraja?
Scroll To Top