ID | EN

NFT DIGITAL ART TREND: Panduan Untuk Pemula

Seni Digital NFT - Panduan tentang Tren Terbaru di Industri Seni
Photo by Dan Farrell on Unsplash
 
NFT atau Token Non-Fungible dianggap sebagai kewajiban oleh para ahli semenjak booming pada akhir-akhir ini. NFT dengan keberadaannya terus membantu seniman dan menghasilkan jutaan untuk karya-karya mereka. Seni digital tidak berharga di era internet pada awalnya karena siapa pun dapat mengunduh gambar, klip video, atau audio tanpa membayar loyalitas kepada pencipta. Namun, itu secara bertahap pandangan tersebut berubah dengan seni digital NFT ini.
 
Apa itu NFT?
NFT adalah aset kripto unik yang tidak dapat saling dipertukarkan. Misalnya, jika uang kertas $1 diganti dengan uang kertas $1 lainnya, nilainya tetap utuh. NFT, di sisi lain, adalah unik. Setiap NFT memiliki bentuk, ukuran, dan pola baru yang memberikan karakter berbeda. Ini membantu memverifikasi kepemilikan token.

Photo by Europeana on Unsplash
 
NFT adalah bagian dari blockchain Ethereum dan dapat dilacak. Bisa apa saja dalam bentuk digital, seperti musik, lukisan, atau video. Jadi, tidak seperti token kripto, siapa pun dapat membuat NFT. Dan tidak ada batasan jumlah token yang beredar.
 
Bagaimana Cara Membuat Seni Digital?
Anda tidak perlu menjadi seorang jenius untuk menciptakan seni digital. Yang Anda butuhkan hanyalah keterampilan desain dan kreativitas. Setelah itu, ikuti proses empat langkah ini untuk melindungi karya seni Anda dengan NFT.
 
- Pilih Blockchain
Sementara beberapa blockchain telah mulai memahami konsep NFT, Mari kita menjadikan salah satunya adalah Ethereum karena ia memiliki dasar yang kuat untuk teknologinya. Namun, sebelum Anda mulai, ingatlah bahwa pasar NFT berbasis blockchain dan hanya dapat diperdagangkan di forum yang mendukung blockchain tertentu. Misalnya, NFT berbasis Ethereum hanya dapat diperdagangkan di forum yang mendukung transaksi Ethereum. Inilah infografis Scanteam untuk mereka yang ingin mengetahui dasar-dasar kripto.
 
- Dapatkan Wallet/Dompet yang Kompatibel dengan ERC-721
ERC-721 adalah standar terbuka yang menjelaskan cara membuat token unik di Ethereum. Ada beberapa dompet yang kompatibel dengan ERC-721 yang dapat Anda pilih.
 
- Tambahkan Koin Eter
Tambahkan koin Eter ke dompet Anda. Anda dapat membelinya di bursa kripto mana pun menggunakan kartu debit/kredit, transfer kawat, atau mode pembayaran lainnya.
 
- Ubah Seni Anda Menjadi NFT
Buka platform yang mendukung NFT, hubungkan dompet Anda ke bursa, dan unggah karya seni yang ingin Anda konversi. Tambahkan nama dan deskripsi, dan Anda siap menjualnya untuk token ERC-20. Lalu apa manfaat dari NFT?

Photo by Europeana on Unsplash
 
Manfaat Menggunakan NFT
Ada tiga manfaat utama menggunakan seni digital NFT, yaitu:
  • Mengklaim kepemilikan konten asli
  • Mengganti artis untuk waktu, tenaga, dan kreativitasnya
  • Memperlancar proses pembelian seni

Para ahli sepakat bahwa kegemaran NFT adalah suatu yang positif dan tersembunyi bagi para seniman. Tanpa NFT, seni digital didistribusikan secara bebas, dan para seniman tidak mendapat kompensasi atau pengakuan atas karya mereka. Tren NFT adalah peluang besar bagi seniman dalam digital untuk memanfaatkan dan mendapatkan nilai pada karyanya.
 
Memiliki Karya Seni Digital
Sebelum NFT, karya seni digital didistribusikan secara gratis, dan tidak ada cara untuk mengasumsikan kepemilikan yang konkret dari sebuah file. NFT memberi artis wewenang untuk menyewakan kreasi mereka, menampilkannya, atau menjual kontennya kepada siapa pun yang menginginkannya. Dan karena NFT dapat dilacak, karya seni yang Anda buat, jual, atau beli dapat dilacak kembali oleh Anda.
Scroll To Top