ID | EN

Makanan Khas Natal Peranakan Belanda-Indonesia

Beberapa hidangan Peranakan Belanda-Indonesia ini merupakan hidangan khas saat perayaan Natal tiba. Simak selengkapnya di sini!
Photo by Jed Owen on Unsplash
 
Natal merupakan acara yang paling dinantikan bagi yang merayakannya. Tentunya setiap perayaan pasti terdapat hidangan khas di setiap keluarga. Kali ini Alinear Indonesia ingin berbagi makanan khas Natal Peranakan Belanda-Indonesia yang mungkin bisa menjadi hidangan inspirasi. Yuk, intip hidangan khas Natal berikut ini!
 

Photo by Libby Penner on Unsplash
 
1. Bruine Bonen Soep (Sup Brenebon)
Dikenal juga sebagai sup kacang merah yang terbuat dari daging kaldu sapi. Sup ini diadopsi oleh orang Manado dari orang Belanda pada zaman penjajahan. Di restoran Manado pasti terdapat menu ini. Sekarang sup ini sudah menjadi bagian dari masakan Peranakan Belanda-Indonesia yang cukup popular. Agar sup ini disajikan berbeda, Anda bisa menambahkan wortel, sosis, dan juga ham asap ke dalam sup sesuai selera.
 
2. Pastel Tutup
Orang Belanda menyebut makanan yang satu ini dengan sebutan Indische Pastel. Atau dengan kata lain pastelnya orang Indonesia. Terbuat dari kentang yang ditumbuk dan diolah dengan daging cincang sapi, potongan buncis dan wortel. Sebenarnya bahan olahannya sama dengan kroket. Bedanya kalau kroket digoreng, sedangkan pastel tutup dipanggang. Di Solo makanan ini dikenal dengan sebutan pastel krukup.
 
3. Huzarensla
Merupakan salad khas Belanda yang terbuat dari potongan kentang yang sudah matang, nanas (atau bisa juga ditambahkan beberapa pilihan buah lain sebagai opsi, seperti apel dan stroberi), wortel, buncis, ketimun, lettuce, telur rebus dimana putih telur dan kuningnya dipisahkan, cuka masak, mayonnaise, mustard, garam, gula, merica, maizena dan air. Semua bahan dicampur. Rasanya menyegarkan di lidah!
 
 
4. Gehaktballen
Dikenal juga dengan Dutch Meatball. Bentuknya mirip dengan Swedish Meatball. Namun biasanya Gehaktballen ukurannya sedikit lebih besar. Sangat cocok dimakan bersamaan dengan kentang dan juga salad. Menu ini bisa digantikan juga dengan meatball Loaf, Roasted Beef, Roasted Chicken, atau Gelantin sapi atau ayam.
 
5. Kaastengels, Ananas (Nastar), Havermout Kookjes, & Bokkenpootjes
Ya, keempat kue ini merupakan empat kue kering wajib yang harus ada pada saat Natal. Selain rasanya lezat, kue-kue ini membuat Anda ketagihan.
 
6. Stollen
Mungkin tidak semua orang di Indonesia familiar dengan roti yang satu ini. Namun ada juga sebagian orang yang sudah mengenalnya. Stollen sendiri merupakan makanan khas Jerman. Namun di Belanda, Stollen juga merupakan makanan tradisi mereka yang identik dengan Natal. Terbuat dari roti yang diolah dengan buah-buah kering (manisan), rempah-rempah, kacang-kacangan, dilapisi dengan gula icing dan mengandung marzipan.

MOST READS

Scroll To Top