ID | EN

Makanan Ini Buat Puasa Jadi Lebih Berenergi

Rekomendasi makanan untuk sahur agar puasa Anda lebih berenergi.

Photo by Farhad Ibrahimzade on Unsplash

Agar puasa lancar, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi dan dapat memenuhi kebutuhan energi harian saat sahur. Apa saja makanan sehat yang ideal untuk dikonsumsi saat sahur? Berikut rekomendasinya.

1. Oat


Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Makanan berserat tinggi yang memiliki efek mengenyangkan lebih lama ini merupakan pilihan tepat untuk mengganti nasi. Oat sendiri merupakan makanan berbahan dasar gandum yang juga kaya karbohidrat, sehingga cocok dikonsumsi saat sahur. Selain bisa diolah menjadi overnight oatmeal (mengolah oat tanpa harus dimasak, cukup dengan mendiamkan selama semalam di dalam lemari pendingin) dengan berbagai macam buah favorit, Anda juga bisa menyulapnya menjadi oat versi gurih yang tak kalah lezat dengan campuran potongan ayam atau tuna, sawi asin, zucchini, jagung manis pipil dan sayuran lain. 

2. Kentang


Photo by Clark Douglas on Unsplash

Selain oat, kentang juga mampu mengganti tugas nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian selama puasa. Kentang juga memiliki kandungan serat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Di samping itu, kentang juga mudah diolah dan awet dengan catatan tidak disimpan dalam lemari pendingin.

3. Alpukat


Photo by Irene Kredenets on Unsplash

Dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat saat sahur, karena kandungan lemak tak jenuh di dalamnya membuat perut kenyang lebih lama. Alpukat juga merupakan sumber protein yang lebih mudah diserap tubuh karena mengandung serat dibanding protein dalam daging.

4. Telur


Photo by Coffeefy Workafe on Unsplash

Sama seperti alpukat, kandungan protein di dalam telur juga membuat perut kenyang lebih lama. Namun, yang perlu diingat, sumber protein dalam telur ada pada bagian putihnya. Sebab, bagian kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang dalam beberapa penelitian dianggap wajar. Dengan kata lain tidak serta merta meningkatkan kadar kolesterol secara drastis dalam konsumsi wajar. Nah, jika ingin mengonsumsi telur saat sahur, usahakan untuk makan bagian putihnya saja, ya.

5. Kacang Almond


Photo by Nacho Fernández on Unsplash

Kacang almond merupakan jenis kacang yang baik dikonsumsi untuk menambah energi selama puasa. Kacang almond memiliki kandungan protein dan lemak cukup tinggi. Selain itu, magnesium dalam kacang almond mampu membantu mengontrol gula darah. Agar lebih lezat, Anda bisa mencampur kacang almond dalam overnight oat yang Anda buat dengan tambahan yogurt, susu rendah lemak, ekstra vanili dan madu.

Scroll To Top