ID | EN

What to Know About Denim And Its Dos & Don'ts?

Aturan sederhana dan yang perlu Anda ketahui tentang Denim.
 
Siapa yang tidak mengenal denim? Jenis kain ini menjadi salah satu kain yang ikonik dalam industri fashion. Lahir pada abad ke-19, dalam perjalanan sajarahnya, tren denim sangat dinamis dan berevolusi dari tahun ke tahun. Selain itu, denim menyesuaikan dengan perubahan generasi yang tidak pernah ketinggalan zaman. Berbagai tren denim sering kita temui ketika Anda berpergian ke toko pakaian yang menjual jeans (denim). Anda akan menemukan berbagai macam model dan tipe untuk dapat digunakan sesuai dengan gaya dan kepribadian Anda. Hal tersebut mencerminkan betapa sebaguna dan menyenangkan untuk menggunakan bahan denim baik dalam aktifitas sehari-hari ataupun semi-formal sekalipun.
 
Tahukah Anda bahwa dalam mengenakan kain jenis denim itu, ada beberapa dos and don’ts atau mode yang harus diketahui? Dan, Kenapa denim bisa jadi sangat populer?
 
Kenapa Populer?
kalau berbicara tentang denim, hal yang langsung terlintas adalah jeans. Salah satu yang membuatnya populer adalah karena jenis kain denim adalah jenis kain yang tahan lama dalam jangka waktu yang cukup lama. Tahan lama untuk digunakan untuk beraktifitas dan juga dalam pemeliharaannya.
 
 
Karena kain denim adalah jenis kain yang durable (tahan lama), Anda juga tidak perlu sekali pakai langsung cuci. Karena pada dasarnya denim dapat dipakai beberapa kali sebelum Anda perlu mencucinya. Selain itu, denim juga “tahan kerut”. Tapi tergantung pada model dan kualitas yang Anda pilih yaa. Karena ada beberapa kualitas denim yang mungkin tidak tahan lama dan tahan kerut.
 
Jadi, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa model denim yang memang dimodelkan dan dibuat seperti kerutan. Namun, pada dasarnya denim adalah jenis yang tahan lama dan tahan kerut.
 
Karena beberapa faktor-faktor diatas, itu menjadikan denim dapat dikenakan baik selama musim panas maupun musim dingin. Dengan kata lain, sebenarnya Anda dapat mengenakannya dalam segala kondisi cuaca apapun.
 
Pernahkah Anda dalam mengenakan jeans denim namun merasa panas saat menggunakannya? Nah, hal tersebut karena Anda memilih jenis denim dengan bahan yang cukup tebal. Dalam pemilihan jenis denim yang akan Anda gunakan, ternyata denim memang memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Namun, biasanya disesuaikan dengan model atau dicocokan dengan kondisi keadaan cuaca setempat. Misalnya, pada musim dingin, pemilik brand akan merancang dan mengeluarkan koleksi denim dengan ketebalan yang dapat menahan rasa dingin saat dikenakan, pun sebaliknya. Jadi, pastikan Anda memilih yang memang pas dan baik untuk digunakan.
 
 
Berikutnya, Ini dia yang menjadikannya sangat populer! Karena ketika mengenakan kain jenis denim, Anda akan merasakan kenyamanan (sangat nyaman). Hal itu membuat denim lebih populer dan menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk membeli dan mengenakannya di seluruh negara.
 
Lalu, apa dos and don’ts nya dalam mengenakan Denim?
 
1. Buatlah Kontras Yang Bebeda
Dalam mengenakan jeans/denim, Anda perlu memperhatikan pola dari pakaian yang akan Anda kombinasikan untuk digunakan. Sebagai contoh, Anda ingin mengenakan denim dengan potongan wide-cut. Nah, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan T-shirt yang berukuran besar atau terlalu lebar. Yang paling baik adalah Anda mix and match dengan ukuran yang serupa dan proposional agar look atau penampilan Anda terlihat lebih ideal. Dengan begitu, Anda akan dapat memperlihatkan sisi-sisi dari bagian tubuh Anda yang ingin ditonjolkan dan terlihat alami.
 
2. Jangan Memakai Dua Pakaian Dengan Nada Yang Sama.
Jika Anda ingin mengenakan dua denim, penting untuk dipastikan bahwa Anda tidak mengenakan 2 denim tersebut dengan warna yang sama. Hal ini untuk menciptakan nuansa dan refined look (tampilan segar) pada saat mengenakannya pada diri Anda.
 
Contoh: Anda mengenakan jeans dengan warna biru tua. Nah, cobalah untuk tidak mengenakan atasan dengan warna denim yang sama. Mungkin Anda bisa memakai atasan yang lebih ringan atau menggunakan jaket denim untuk mengimbanginya.
 
 
Karena kepopulerannya, denim sangat nyaman untuk dikenakan dan juga long-lasting. Menurut Anda, perkiraan tren jeans denim mendatang seperti apa? Apapun itu, pasti Anda akan mengikuti dan memilikinya, kan? Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan gaya dan kepribadian dengan ciri khas Anda. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih percaya diri.
Scroll To Top