ID | EN

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas yang Harus Anda Tahu

Ini dia kelebihan dan kekurangan menabung emas.

Sudah baca artikel dari Alinear mengenai cara investasi emas bagi pemula agar menguntungkan? Investasi emas menjadi pilihan cukup banyak orang karena terbilang mudah dan murah. Namun, ada kelebihan dan kekurangan dari berinvestasi emas yang bisa Anda pelajari lebih lanjut sebelum memutuskan.

Harga cenderung stabil, merupakan kelebihan pertama yang ditawarkan jika ingin berinvestasi emas. Harga emas dapat bertahan terhadap arus inflasi. Kalaupun mengalami penurunan, hanya sesaat. Berbeda dengan mata uang kertas yang tidak memiliki nilai intrinsik dan mudah tergerus inflasi.

Kelebihan lain dari investasi emas adalah mudah dicairkan. Dibanding dengan instrumen investasi jangka panjang lain, seperti reksadana, emas bisa dicairkan dengan cepat saat Anda membutuhkan uang tunai.

Meski demikian, risiko kehilangan cukup besar. Dengan kata lain, bentuk fisik emas yang mencolok dapat mengundang tindak kejahatan. Jika tidak disimpan dalam tempat yang aman dan benar maka akan berisiko hilang. Setidaknya, Anda harus memiliki safe deposit box sendiri di rumah jika tidak ingin menyewa fasilitas tersebut di bank. Berapa (gram) pun jumlahnya, emas tersebut tetap berharga.

Saat ini, ada banyak pihak yang menawarkan investasi emas dengan keuntungan besar yang menggiurkan. Emas dalam bentuk koin, batangan bahkan perhiasan mudah dipalsukan. Oleh sebab itu, agar terhindar dari investasi bodong yang ternyata menggunakan emas palsu, sangat disarankan untuk membeli emas di tempat yang terpercaya, seperti ANTAM dan Pegadaian.

 

 

Scroll To Top