ID | EN

Ini Dia Usaha yang Cocok untuk Tipe Introvert

Usaha sederhana dan mudah untuk tipe introvert.

Ternyata, orang introvert bisa memanfaatkan usaha di bawah ini untuk meraup pundi-pundi rupiah.

1. Penulis

Kebanyakan orang introvert tenggelam di dalam dunianya sendiri, baik itu membaca, menulis, menonton film atau mendengarkan musik dan podcast. Nah, bagi introvert yang memiliki hobi menonton film dan menulis, bisa memanfaatkan hobi tersebut sebagai usaha

Anda bisa menulis review mengenai film yang sudah Anda tonton atau film yang sedang tren saat ini, membuat jurnal, kemudian mengunggahnya di blog pribadi atau mengirimnya ke beberapa situs online. Tanpa harus berinteraksi dengan banyak orang, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan sambil menekuni hobi. 

2. Penjual Online

Anda bisa memulai usaha ini dengan barang-barang pribadi yang sudah tidak Anda pakai atau gunakan. Sebagai contoh, Anda bisa mulai mengumpulkan pakaian yang masih layak pakai dan menjualnya secara daring, bisa lewat Instagram, Facebok, Carousell maupun Twitter. Berikan deskripsi yang jelas tentang produk yang Anda jual, gunakan foto yang berkualitas dan berikan layanan yang memuaskan untuk memikat banyak pelanggan.  

3. Perajin

Suka membuat kue? Suka membuat barang-barang seni? Keduanya cocok untuk tipe introvert yang tidak membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Anda bisa membuat kerajinan seperti gelang, kalung, dekorasi rumah atau bentuk barang seni lain yang Anda kuasai, dapat dipasarkan secara daring tanpa harus bertatap muka dengan calon pembeli.

 

Scroll To Top