ID | EN

Tips Aman Hindari Bahaya Radiasi Pada Ponsel

Meminimalisir bahaya radiasi pada ponsel, terapkan 3 hal ini!
 
Bagi banyak orang, kini handphone atau ponsel telah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan. Namun sebuah studi dalam jurnal Electromagnetic Biology and Medicine mengungkapkan adanya kaitan antara paparan radiasi dari ponsel dengan risiko kanker otak. Oleh karena itu, simak tips-tips berikut ini agar terhindar dari bahaya radiasi ponsel!
 
1. Gunakan Hands-free
Pada saat menelepon atau menerima telepon, lebih baik gunakan hands-free daripada menempelkan ponsel langsung ke telinga. Pasalnya, radiasi yang dikeluarkan ponsel bila menempel langsung ke telinga akan memiliki dampak negatif. Apalagi jika Anda adalah seorang pengguna berat yang menelepon lebih dari 20 menit dalam sehari. 
 

Photo by Shyam Mishra on Unsplash
 
2. Jauhkan Ponsel Pada Saat Tidur
Walaupun sedang tidak digunakan, ponsel tetap memancarkan radiasi yang berasal dari sinyal. Oleh karena itu, jangan letakkan ponsel di tempat tidur agar Anda tidak terpapar radiasi dalam waktu yang lama. Atau, Anda bisa mengaktifkan airplane mode pada ponsel saat Anda tidur. 
 
3. Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak
Anak-anak usia di bawah 2,5 tahun sebaiknya dijauhkan dari ponsel. Karena paparan radiasi dari ponsel memiliki efek dua kali lebih besar pada anak di bawah usia 2,5 tahun. Oleh karena itu, jangan ambil risiko dengan memperkenalkan gadget pada anak usia dini.
Scroll To Top