ID | EN

Cara Promosi Efektif Bagi Pebisnis Pemula

Cara promosi efektif bagi yang baru saja memulai bisnis.

Tergiur ingin membuka bisnis sendiri? Kira-kira promosi seperti apa yang sudah Anda persiapkan? Promosi merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan sekaligus mengembangkan produk atau jasa yang Anda geluti masyarakat luas. Bisa dibilang, promosi menjadi hal pertama yang wajib Anda lakukan setelah resmi membuka bisnis. Lantas, cara promosi seperti apa yang cocok diterapkan pada pebisnis pemula?

1. Contoh Produk

Jika bisnis yang Anda geluti bergerak di bidang penjualan produk, cara ini dipercaya ampuh untuk memperkenalkan bisnis Anda. Misal, Anda merintis usaha kosmetik, cara efektif untuk promosi adalah membagikan contoh kosmetik yang Anda jual. Dari situ, calon pembeli bisa mengetahui kualitas produk yang Anda tawarkan sekaligus terkesan dengan pelayanan yang Anda berikan.

2. Voucher

Cara selanjutnya yang dipercaya ampuh menarik minat calon pembeli adalah pembagian voucher. Semakin kreatif voucher yang Anda berikan, maka semakin tertarik pula calon pembeli untuk membeli produk Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan voucher potongan harga Rp50.000 untuk minimum pembelian Rp150.000 dan lain sebagainya.

3. Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri jika kecanggihan teknologi membuat Anda bisa melakukan promosi dengan cara paling mudah dan praktis. Berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter bisa Anda gunakan untuk berinteraksi dengan calon pembeli. Gunakan bentuk visual (gambar) yang menarik dan relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kemudian ‘dibungkus’ dengan kata-kata yang juga menarik namun singkat dan padat sehingga mudah diingat oleh mereka. Selanjutnya, konsisten untuk mengunggah berbagai bentuk promosi di media sosial. Buat bagan berisi jam berapa saja Anda harus mengunggah di media sosial dengan begitu brand awareness Anda ikut mengalami peningkatan.  

 

Scroll To Top