ID | EN

Art Deco, Kemewahan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Di tengah tren desain interior minimalis, art deco masih memiliki penggemarnya tersendiri.
Photo by Celine Ylmz on Unsplash
 
Saat ini, mungkin Anda sering melihat kebanyakan desain rumah maupun interior menampilkan gaya minimalis dan industrial. Kedua gaya ini memang terlihat lebih simple dan menawarkan kesan modern. Namun, gaya desain interior yang terlihat mewah dan glamor masih memiliki penggemarnya tersendiri lho. Salah satunya adalah gaya art deco yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda.
 
Pernah menonton film The Great Gatsby? Di film inilah gaya art deco sangat dapat terlihat. Art deco sendiri adalah gaya desain yang populer di Eropa pada tahun 1920-an, yang memiliki ciri khas berupa penggunaan warna yang berani, motif atau pattern geometris, hingga aksen metalik yang membuatnya terlihat semakin mewah. Walaupun tampilannya elok, namun bangunan yang menggunakan gaya art deco ini tetap memikirkan aspek fungsionalitas ruangannya.
 

Photo by Jason Briscoe on Unsplash  
 
Walaupun berasal dari masa lampau, art deco masih sangat cocok digunakan di masa modern seperti sekarang ini. Jika Anda ingin mencoba gaya art deco, berikut adalah beberapa elemen penting yang wajib ada:
 
Cermin Besar
Salah satu titik fokus yang bisa menjadi pusat perhatian di rumah bergaya art deco adalah cermin besar. Selain membuat ruangan terlihat menjadi lebih luas, cermin besar juga bisa menambah estetika ruangan. Apalagi jika cermin besar tersebut dibingkai dengan bahan metalik berwarna silver atau gold yang membuat suasana art deco semakin kental.
 

Photo by Spacejoy on Unsplash
 
Karpet Bermotif
Untuk menghiasi ruang keluarga atau ruang tamu, pilihlah karpet bermotif art deco agar menambah kesan hangat di dalam ruangan. Motif karpet art deco seringkali ditemukan dengan garis-garis tegas dengan warna yang mewah. Anda tinggal menyesuaikan warna dan motif sesuai selera dan kombinasi warna dengan furniture lainnya.
 
Kain dan Tekstil Mewah
Elemen lainnya yang tak kalah penting adalah pemilihan kain dan tekstil mewah di rumah. Mewah di sini tidak berarti harus mahal, ya. Anda bisa pintar-pintar dalam memilih warna atau bahan yang menampilkan kesan mewah. Misalnya penggunaan kain velvet dengan warna hijau emerald atau merah maroon.
 

Photo by Wesley Tingey on Unsplash
 
Lampu Elegan
Terakhir, lengkapi sudut rumah Anda dengan lampu yang bergaya elegan. Anda bisa memilih chandelier bergaya art deco atau lampu baca yang diletakkan di sudut untuk mempercantik ruangan. Jangan lupa gunakan lampu berwarna kuning untuk menambah kesan mewah di dalam ruangan, ya.
Scroll To Top