ID | EN

Cara Menciptakan Company Culture Yang Baik & Benar

Company Culture dapat memberikan keseimbangan, keselarasan, dan kemajuan bisnis pada perusahaan.

Photo by Ryoji Iwata on Unsplash

Apakah ada sering mendengar istilah Company Culture? Mungkin saja pada saat Anda sedang bekerja, atau mungkin saat di kantor. Apa itu Company Culture? Dan, apakah hal tersebut penting bagi setiap perusahaan?

 

Apa itu Company Culture?
Company Culture atau ‘Budaya Perusahaan’ mengacu pada sikap dan perilaku perusahaan dan karyawannya. Hal ini terlihat dari cara orang-orang dalam suatu perusahaan atau organisasi berinteraksi satu sama lain, nilai-nilai yang mereka pegang, dan keputusan yang mereka buat. Company Culture adalah sistem nilai dan keyakinan bersama yang memelihara kohesi sosial, serta berkontribusi pada ide dan pertumbuhan dalam perusahaan. Tidak semata-mata dibangun atas fasilitas, materi, atau latar belakang.

 

Kohesi Sosial
Kohesi sosial pada suatu perusahaan adalah kondisi dimana setiap elemen sosial dalam perusahaan (masyarakat) berfungsi saling memberikan standar norma-norma yang baik. Jadi, sebaiknya perusahaan dapat men-define karyawan mana yang memang memberikan kontribusi serta nilai yang baik bagi karyawan lainnya yang akan berefek pada pertumbuhan suatu perusahaan, bisnis, atau organisasi.


Photo by Timon Studler on Unsplash

Budaya perusahaan mencakup berbagai elemen, termasuk lingkungan kerja, visi dan misi perusahaan, gaya kepemimpinan, nilai-nilai, etika, harapan, dan pencapaian (goals). Menciptakan budaya pada perusahaan sangat penting untuk kemajuan dan kesuksesan perusahaan.

Budaya perusahaan yang baik akan menjadi daya tarik untuk mendapatkan talent (karyawan) yang lebih baik bagi perusahaan. Lingkungan kerja yang positif mendorong keseimbangan, produktivitas, yang menjadikan suatu pencapaian/goals perusahaan.

 

Ciri-Ciri Budaya Perusahaan
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memperhatikan budaya pada perusahaannya. Seorang founder akan membuat budaya perusahaan yang disesuaikan dengan visi, misi, dan pencapaian/goals. Berikut adalah beberapa hal penting untuk membangun budaya perusahaan yang baik dan benar. Kunci utamanya adalah keseimbangan dan respon timbal-balik antar karyawan dengan perusahaan, dan/atau sebaliknya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri company culture positif dan negatif pada suatu perusahaan.

 

Ciri-ciri budaya perusahaan yang positif:
  • Omset rendah namun berpeluang untuk berkembang
  • Manajemen yang transparan dan responsif
  • Pengakuan keberhasilan dan prestasi
  • Keseimbangan kehidupan kerja yang sehat di antara karyawan


Photo by Redd on Unsplash

Ciri-ciri budaya perusahaan yang negatif:
  • Omset tinggi tanpa perencanaan dan plafon yang matang
  • Kurangnya kejelasan dan arahan dari manajemen
  • Tidak dapat mengakui dan menghargai pekerjaan yang baik
  • Aliansi karyawan dan gosip tentang orang lain

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana untuk membangun budaya perusahaan yang positif, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dijadikan catatan untuk memulainya.

 

Bagaimana cara membangun Company Culture yang baik pada perusahaan?
  1. Membangun tim yang tepat
  2. Ciptakan insentif untuk suatu kesuksesan dan pencapaian
  3. Membuat tujuan (goals) dan ekspektasi
  4. Kepercayaan
  5. Menumbuhkan keseimbangan dalam kehidupan kerja

Beberapa hal di atas juga dapat dijadikan catatan bagi Anda misalnya ketika ingin menciptakan company culture pada perusahaan Anda. Pun, mengevaluasi perusahaan tempat Anda bekerja apakah sudah memiliki company culture yang baik atau tidak.


Photo by Hannah Busing on Unsplash

TIPS: Jika Anda mencari perusahaan yang menyenangkan untuk bekerja, budaya perusahaan (company culture) akan menjadi komponen besar dalam pengambilan keputusan Anda atau saat mengevaluasi calon pekerja.


Menurut survei dari FlexJobs, 25% karyawan berhenti dari peran mereka dalam enam bulan menjelang Maret 2022 yang dikarenakan kondisi ditempat kerja kurang baik (toxic workplace). Sayangnya, akhir-akhir ini, banyak pengusaha dan manajer memiliki pandangan yang salah tentang budaya perusahaan.


Membaca ulasan singkat di atas, apakah Anda sudah mengerti dan paham apa itu company culture atau ‘budaya perusahaan’? Marilah memulai untuk memberikan kontribusi dan berkomunikasi yang baik agar terciptanya budaya perusahaan yang baik. Sebesar apapun kontribusi yang Anda berikan akan sangat berharga untuk setiap perusahaan.

Scroll To Top