ID | EN

8 Rekomendasi Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!

Kuliner Surabaya yang selalu mengguggah selera.
 
Surabaya memiliki ragam kuliner yang menarik untuk dicoba. Tentunya makanan Kota Pahlawan ini memiliki cita rasa yang khas dan siap memanjakan lidah para pecinta kuliner. Ini dia daftar wisata kuliner yg wajib dicoba di Surabaya.
 
1. Soto Ambengan Pak Sadi Asli
Buat Anda yang ingin menikmati soto di Surabaya, Soto Ambengan Pak Sadi Asli bisa menjadi opsi yang tepat untuk makan siang maupun makan malam. Untuk Soto Ambengan Pak Sadi terkenal dengan kuahnya yang memiliki cita rasa lezat dan khas. disajikan dengan suwiran ayam, soun, potongan telur, bawang seledri, dan bawang goreng. Akan lebih segar bila disajikan dengan perasan jeruk nipis dan sambal. Tak lupa dinikmati bersama dengan nasi hangat dan kerupuk udang, hmmm yummy! Soto Ambengan Pak Sadi Asli ada di Jalan Ambengan No.3A, Genteng.
 

Photo source: Qraved
 
2. Nasi Campur Pojok Tambak Bayan
Berada di Jalan Pasar Besar Wetan no.5, Bubutan. Salah satu destinasi kuliner favorit ini merupakan tempat makan yang populer di Surabaya. Di sini terkenal dengan nasi rames atau nasi campur yang dihidangkan dengan berbagai pilihan menu, mulai dari Nasi Campur , Nasi Campur Empal, Nasi Campur Ayam, Nasi Pecel, Nasi Pecel Empal, Nasi Rawon, Lontong Lodeh, dan masih banyak lagi.
 

Photo source: Bufferdotcom (Blogspot)
 
Banyak orang yang ketagihan dengan rasa makanan di sini, terutama bagi Anda pecinta pedas pasti menyukai sambalnya. Rasa pedasnya nendang banget! Harga makanan dan minuman di sini dibanderol Rp50.000,- hingga Rp100.000,- per orang.
 
3. Lontong Balap Pak Gendut
Lontong Balap merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba. Hidangan ini disajikan dengan lontong, tahu gembos yang digoreng hingga kering kecokelatan, lentho yang terbuat dari kacang tholo, toge sebagai topping yang mendominasi hidangan ini, lalu disiram dengan kuah yang terbuat dari kaldu udang dan bawang putih, serta diberikan taburan bawang goreng.
 

Photo source: KSM Tour
 
Lontong Balap Pak Gendut ini merupakan salah satu kuliner legendaris yang wajib dicoba. Harga satu porsi Lontong Balap di sini dibanderol seharga Rp22.000,-. Jangan lupa juga untuk memesan sate kerangnya yang dibumbui dengan bumbu spesial dan kecap, yah...
 
4. Bu Rudy
Tidak afdol kalau ke Surabaya tidak mampir ke Depot Bu Rudy. Depot ini pusatnya berada di Jalan Dharmahusada no.140, Surabaya. Bu Rudy terkenal dengan sambalnya yang enak, bahkan jangan heran bila banyak orang-orang yang memesannya hingga berdus-dus. Untuk pilihan sambalnya ada sambal bajak, sambal bawang, dan sambal hijau.
 

Photo source: Rumah Makan Jawa-Bali
 
Di sini Anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh makanan, mulai dari jajanan pasar hingga mencicipi hidangan utama khas Bu Rudy, seperti Nasi Udang Empal yang terkenal, Nasi Campur, Nasi Pecel Empal, Bebek Penyet, Nasi Madura, Nasi Bebek Goreng, Pisang Goreng Madu, Tahu Ping, Ote-Ote, dan masih banyak lagi.
 
5. Sate Klopo Pak Jami’i
Tempat makan yang satu ini berada di Jalan Menur No. 2C, Gubeng. Dekat dengan Kampus B Universitas Airlangga. Menu yang disajikan di sini adalah sate klopo ayam, sate klopo daging, dan sate klopo kambing. Uniknya, sate klopo di sini ditaburi kelapa parut yang sudah disangrai lalu dibakar, yang membuat rasanya menjadi gurih dan lezat, apalagi bila dipadukan dengan bumbu kacangnya. Harga sate di sini dimulai dari Rp14.000 hingga Rp40.000 per porsi.
 

Photo source: Pergi Kuliner
 
6. Depot Sederhana Gubeng Pojok
Berdiri dari tahun 1974 dan dulu dikenal dengan Nasi Goreng Gubeng Pojok karena dikenal dengan nasi goreng merahnya yang legendaris dan enak. Di tahun 1990 depot ini berganti nama menjadi Depot Sederhana Gubeng Pojok. Sekarang depot ini menyajikan 18 menu dengan harga yang terjangkau dan juga enak pastinya. Menu favorit di sini yaitu Nasi Goreng Merah seharga Rp13.500 per porsi, porsinya banyak, terdapat suwiran ayam, telur dadar, dan juga kerupuk udang. Nasi Ayam Penyet, dan Bakmie Godog menjadi salah satu menu favorit para pengunjung setianya.
 

Photo source: Cerita Cangkir
 
Untuk Ayam Penyet terbuat dari ayam kampung dengan harga Rp21.000 per porsi, dan Bakmie Godog yang kuahnya gurih dan wangi dengan harga Rp13.500 per porsi.
 
7. Rawon Setan
Rawon adalah makanan khas Jawa Timur. Nah, kalau Anda sedang berkunjung ke Kota Pahlawan, wajib mencoba kuliner yang satu ini. Namanya Rawon Setan. Berada di Jalan Embong Malang, tepat di depannya Hotel JW Marriot. Rawon Setan terkenal dengan sajian dagingnya yang besar dan empuk, serta kuahnya yang rasanya memanjakan lidah.

Photo source: Emen Rizal
 
Tempat ini selalu dipenuhi oleh para pecinta kuliner karena lokasinya pun strategis yang berada di tengah kota.
 
8. Bebek Sinjay
Bebek Sinjay adalah bebek khas Madura yang terkenal di Surabaya. Bebek ini memiliki daging yang empuk, tulang yang renyah, serta racikan bumbunya yang khas hingga meresap ke dalam. Disajikan dengan taburan kremes yang renyah, irisan ketimun, daun kemangi, dan yang paling pol adalah Sambal Pencit atau sambal manga muda yang pedas dan segar, juga bikin ketagihan.

Photo source: Pergi Kuliner
 
Buat pecinta pedas pasti menyukai sambalnya. Rumah makan ini berada di Jalan Dharmahusada No.160B, Gubeng. Harga per porsinya dibanderol seharga Rp35.000,-. Selamat mencoba!
Scroll To Top