ID | EN

5 Kebiasaan ini Dapat Meningkatkan Tabungan Anda

5 strategi yang terbukti cukup ampuh meningkatkan tabungan.

Pernahkah terbesit di pikiran untuk menggandakan tabungan Anda? Eits, jangan salah sangka dulu! Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu Anda membuat perubahan dalam hal keuangan. Sebagaimana dikutip dari CNBC Make It, ada lima strategi yang terbukti cukup berhasil dan tak terlalu sulit untuk dilakukan. Jika Anda berhasil menerapkannya, maka bukan tak mungkin tabungan Anda akan meningkat.

1. Membuat Segalanya Serba Otomatis
Mengotomatiskan urusan finansial Anda, seperti bertransaksi menggunakan rekening giro atau cek pembayaran ke akun investasi, rekening tabungan, maupun kreditur merupakan cara yang populer digunakan siapa saja yang suka berhemat. Ini akan menghentikan Anda untuk menyabotase kemajuan dari Anda sendiri.

Jika Anda kehilangan tekad dan menghabiskan semua simpanan Anda untuk hal yang tidak begitu Anda butuhkan, maka itu tidak akan membuahkan hasil yang signifikan. Bagaimanapun, jika Anda secara otomatis menyisihkan uang dalam rekening atau tabungan untuk tujuan yang lebih besar seperti rumah atau mobil, sepatutnya Anda tak akan irit dalam menabung.

2. Pantau Perkembangan
Grant Sabatier mengaku berhasil meningkatkan tabungannya yang semula hanya 2,26 dollar AS menjadi 1 juta dollar AS dalam waktu lima tahun. Ia mengatakan, langkah utama yang diambil adalah memantau kekayaan bersihnya. Ia mengaku melihat kekayaan bersihnya setiap hari di pagi hari sambil menikmati kopi pagi. Ada beberapa motivasi yang lebih besar daripada melihat jumlahnya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Tak peduli dari mana Anda memulainya.

3. Cari Tahu Ke Mana Uang Mengalir
Jika ingin memiliki tabungan yang banyak, Anda perlu tahu ke mana uang Anda mengalir. Banyak orang yang memulai perjalanannya untuk mandiri secara finansial dengan menganalisis kebiasaannya dalam berbelanja dan mencari tahu pengeluaran apa yang bisa dikurangi. Dengan mengetahui ke mana saja aliran uang tersebut, memungkinkan Anda menentukan apakah barang itu bernilai untuk Anda, dan di mana Anda bisa lebih fokus untuk mengurangi biayanya lainnya.

4. Mulai dengan Pergeseran Kecil
Bagi Chris Reining, salah satu pensiunan dini yang berhasil meraup 1 juta dollar AS portfolio di usia 35 tahun, kunci agar dapat menghemat separuh penghasilan dimulai dari hal yang kecil. Di luar sana ada banyak orang yang tak masalah membeli kopi seharga 5 dollar AS. Tapi jika dipikirkan lebih matang, memangkas pengeluaran kopi tersebut bisa menjadi langkah awal yang baik. Setelah melewatkan kopi paginya, Reining juga mengeliminasi makan siang yang biasa dia beli seharga 15 dollar AS setiap hari. Ke depannya, dia berhasil memotong pengeluaran terbesarnya, seperti 1.000 dollar AS yang dihabiskan untuk ongkos pesawat. Perubahan kecil akan memandu Anda menuju perubahan besar.

5. Investasi
Menyimpan uang saja tak akan membuat Anda kaya. Jika Anda ingin menciptakan kekayaan yang substansial atau menggandakan simpanan, buat uang tersebut bermanfaat dengan menginvestasikannya. Menyimpan tabungan di bank memang lebih baik daripada tidak sama sekali, tapi jauh lebih baik jika Anda juga menginvestasikannya.

Dalam jangka panjang, bunga gabungan itu akan bertambah dan akan membuat jumlahnya tumbuh lebih cepat daripada bunga yang sederhana, karena selain menghasilkan laba dari uang yang diinvestasikan, Anda juga akan memperoleh laba atas pengembalian tersebut. Inilah yang akan membuat kekayaan Anda bagai ‘bola salju’ dari waktu ke waktu. Hal ini memungkinkan Anda tak perlu menabung banyak untuk meraih target finansial.

Scroll To Top