ID | EN

5 Hobi Berpotensi Jadi Bisnis Menguntungkan

Tambah pundi-pundi dengan menggeluti hobi yang Anda miliki.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki hobi. Entah disadari atau tidak, hobi yang dimiliki biasanya bergantung pada karakter, bakat dan kesenangan. Sayangnya, tidak semua orang dapat menjadikan hobi tersebut menjadi lebih bermanfaat. Padahal, selain untuk memuaskan rasa ingin tahu, hobi yang lebih terarah dapat menjadi pilihan ideal untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Nah, bagi Anda yang ingin menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan, berikut 5 jenis hobi yang berpotensi menjadi peluang bisnis menjanjikan.

1. Fotografi

photo source: pixabay.com

Fotografi menjadi salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang. Bagi Anda yang gemar sekali menghabiskan waktu dari kafe satu ke kafe lainnya, mengapa tidak berbagi foto menu makanan dan minuman menggugah selera pada orang lain. Untuk bisa menambah pundi-pundi penghasilan, Anda dapat menawarkan jasa food photography pada kafe atau restoran pendatang baru. Agar kualitas karya semakin berkembang, jangan lupa tingkatkan kreativitas dalam diri Anda. Namun, jika tidak terlalu percaya diri, Anda bisa mencoba cara lain seperti mengunggah hasil jepretan ke dalam situs shutterstock.com dan situs lain. Setiap unduhan hasil jepretan Anda akan mendatangkan royalti, menggiurkan bukan?

2. Menulis

photo source: pixabay.com

Tahukah Anda jika saat ini ada banyak sekali platform menulis sebagai penyalur hobi sekaligus tempat mendulang uang? Tergiur? Sebelum memutuskan terjun di dunia ini, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, cara memaksimalkan konten dengan pemilihan tema yang tepat. Kedua, batasi minimal kata agar yang membaca tidak merasa bosan. Ketiga, buat tulisan yang informatif, Anda juga bisa menyertakan gambar agar terlihat lebih menarik.

3. Editing

photo source: pixabay.com

Sama halnya dengan hobi fotografi dan menulis, hobi produktif seperti editing grafis dan video bisa jadi bisnis yang menguntungkan untuk digeluti. Akhir-akhir ini video tengah naik daun. Pasalnya, video yang bisa dibuat menjadi iklan lebih banyak mengundang rasa penasaran pengguna media sosial. Video yang sudah di-shoot perlu diedit agar lebih menarik untuk dilihat. Meski dibekali dengan banyak aplikasi edit video berbayar maupun gratis, tidak semua orang memiliki kemampuan mengedit yang mumpuni. Nah, kemampuan mengedit video yang mumpuni inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai lahan mendulang pundi-pundi penghasilan.

4. Makeup

photo source: pixabay.com

Sama seperti hobi lainnya, hobi satu ini juga harus punya ciri khas agar dapat mendatangkan keuntungan. Makeup vlogger, selebgram makeup maupun makeup artist sama-sama membutuhkan modal, yakni minat yang besar, kemampuan yang mumpuni dan konsistensi. Agar lebih percaya diri mengukuhkan diri sebagai seorang makeup artist atau makeup vlogger, mulai dengan posting (unggah) foto hasil makeup yang Anda kerjakan. Dengan begitu, semakin banyak orang yang tahu dan berminat dengan hasil riasan Anda.

5. Masak

photo source: pixabay.com

Hobi terakhir yang juga patut Anda geluti untuk menambah pundi-pundi penghasilan adalah memasak. Di Jakarta sendiri, dunia kuliner tengah berkembang pesat. Jangan ragu untuk menciptakan resep terbaik dan memasarkannya pada orang-orang di sekitar Anda. Selain dipasarkan di sekitar rumah, Anda juga bisa menawarkannya secara online melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook.

 

Scroll To Top