ID | EN

5 Fakta Menarik Tentang Museum Proklamasi

Sudah tahu belum fakta menarik berikut tentang Museum Proklamasi?

Jakarta memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja mulai dari taman rekreasi hingga museum yang memiliki peninggalan-peninggalan bersejarah. Salah satu museum bersejarah yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Proklamasi. Museum ini terletak di Jl. Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Memangnya hal menarik apa sih yang bisa diketahui di sini? Berikut Alinear akan memberikan beberapa fakta menarik mengenai Museum Proklamasi yang bisa menambah wawasan Anda.

  1. Dibangun pada tahun 1920 dan memiliki luas tanah sebesar 3.914 meter persegi dan luas bangunan 1.138,10 meter persegi. Seiring dengan berjalannya waktu, gedung ini mengalami pergantian pemilik. Pada tahun 1992, gedung ini dijadikan sebagai Museum Proklamasi hingga sekarang.
  2. Bangunan ini dahulu merupakan rumah dari Laksamana Tadashi Maeda. Beliau merupakan Kepala Penghubung Angkatan Laut dan Darat Jepang pada masa kedudukan Jepang di Indonesia. Di rumah ini juga perumusan Naskah Proklamasi dirancang oleh Soekarno dan Hatta.
  3. Munasprok atau Museum Perumusan Naskah Proklamasi, merupakan sebutan lain dari museum ini.
  4. Museum ini memiliki 4 ruangan. Ruangan pertama merupakan ruang tamu sekaligus kantor dari Laksamana Maeda. Kemudian ruangan kedua adalah tempat di mana Soekarno dan tokoh lainnya mengadakan rapat serta merumuskan Naskah Proklamasi. Ruangan ketiga merupakan tempat di mana Soekarno menandatangani Naskah Proklamasi. Ruangan keempat dijadikan sebagai ruangan yang terdapat benda-benda serta tokoh-tokoh yang hadir pada saat perumusan Naskah Proklamasi.
  5. Di bagian belakang museum terdapat bunker rahasia milik Laksamana Maeda yang berukuran 5 x 3 x 1,5 meter. Bunker ini dijadikan tempat penyimpanan berbagai macam barang-barang berharga milik Laksamana Maeda saat beliau masih mendiami rumah ini.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi tempat bersejarah ini? Jika ya, Anda bisa mencari tahu info lebih detail pada bagian info and contact details di bawah ini. Have fun!

Scroll To Top