ID | EN

5 Destinasi Liburan Seru Di Asia Yang Unik & Ramah di Kantong

Bingung mau berlibur ke luar negeri dengan harga terjangkau? Cek di sini untuk destinasi di kawasan Asia dengan harga yang ramah di kantong!
 
Ikon destinasi wisata di Asia hampir tidak pernah lepas dari Korea Selatan atau Jepang. Padahal, kawasan Asia juga menyimpan sejuta kekayaan alam dan budaya lain yang menunggu untuk dieksplorasi. Tidak hanya indah dan mengesankan, berbagai pilihan destinasi ini juga memiliki harga tiket pesawat yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tiket pesawat ke Jepang dan Korea, dengan waktu tempuh yang singkat. Bagi Anda penikmat travelling, 5 destinasi wisata di Asia yang anti-mainstream ini dapat jadi bucket list Anda berikutnya!.
 
1. Kamboja
 
Sumber: Photo by Łukasz Maźnica on Unsplash
 
Masih sering diabaikan, berlibur ke negara Kamboja dapat menjadi salah satu alternatif liburan murah meriah di Asia. Jika masih ingat dengan adegan di film Tomb Raider, Kamboja merupakan negara yang menjadi latar syuting film ikonik tersebut. Dipenuhi dengan kuil-kuil indah yang dibangun selama era Khmer Merah (1975-1979), Kamboja terkenal dengan monumen Angkor Wat yang merupakan salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia. Mata uang Riel Kamboja sendiri kurang lebih setara dengan Rp3.92,- jika dikurs ke Rupiah, menjadikan berbagai hal di negara ini lebih terjangkau.
 
2. Vietnam
 
Sumber: Photo by Taan Huyn on Unsplash
 
Belakangan mulai populer, Vietnam menyimpan sejarah kolonial bernuansa Eropa bekas zaman jajahan Prancis. Ibukotanya Ho Chi Minh City, menawarkan sisi metropolitan sekaligus wisata sejarah lewat museum dan benteng-benteng yang masih tegak berdiri. Kota kedua yang juga banyak jadi tujuan kuliner adalah Hanoi. Banyak juga wisatawan yang memilih untuk mengunjungi kota kecil yang cantik seperti Da Lat dan Phu Quoc. Di Vietnam, 1 Dong kurang lebih setara Rp0.63, bahkan tidak sampai 1 Rupiah.
 
3. Kazakhstan
 
Sumber: Photo by Tim Broadbent on Unsplash
 
Terletak di Asia Tengah, Kazakhstan menawarkan wisata petualangan dengan kekayaan alam yang seperti eksplorasi gurun pasir, ngarai, perbukitan, gletser, hingga situs warisan dunia UNESCO. Selain itu, semua keistimewaan Kazakhstan dapat dinikmati di negaranya dengan nilai tukar ke Rupiah yang cukup rendah, yaitu Rp28.28 per 1 Tenge Kazakhstan.
 
4. Myanmar
 
 
Masih bertetangga dengan Thailand, namun jauh lebih murah, Myanmar menghadirkan wisata budaya dan alam, serta daya tarik Kota Bagan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Di kota Bagan, terdapat lebih dari 3.500 stupa, kuil, biara, serta berbagai bangunan kuno yang dibangun antara abad ke-11 dan abad ke-13. Yangon, ibukota Myanmar juga bisa menjadi pilihan wisata selanjutnya, mengingat mata uang Myanmar yaitu 1 Kyat Burma setara Rp8.10.
 
5. Nepal
 
Sumber: Photo by Tim van Kempen on Unsplash
 
Negara Nepal merupakan destinasi tujuan para pecinta kegiatan mendaki, karena negara ini menyimpan Mekah dari segala pendakian: Gunung Everest. Untuk mendaki Everest sendiri dibutuhkan biaya yang tidak murah, namun wisata di kaki gunung di Nepal sendiri sangat terjangkau dengan nilai tukar 1 Rupee Nepal yang hanya setara Rp117.70. Berjalan-jalan di lembah Kathmandu sendiri sudah menjadi alternatif healing yang terjangkau di Asia.
 
Selain kelima negara di atas, masih banyak pilihan lainnya seperti Laos dan juga negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia. Ke wilayah selatan Asia, alternatif dari India ada Bangladesh dan Sri Lanka, yang keduanya juga menyimpan kekayaan budaya dan wisata alam yang indah. Jadi, mau jalan ke mana kita selanjutnya?
Scroll To Top