ID | EN

4 Update Terbaru Soal IKN Nusantara Jelang Perayaan Kemerdekaan

Menjelang perayaan kemerdekaan, IKN menjadi pusat perayaan HUT RI yang ke-79. Seperti apa fakta IKN dalam mempersiapkan Upacara 17 Agustus nanti? Simak di sini!
 
Proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menunjukkan perkembangan yang signifikan. Meski banyak dilaporkan mengalami keterlambatan, namun Presiden Joko Widodo menekankan bahwa pembangunan IKN ditujukan untuk mendistribusikan pembangunan secara lebih merata, baik dari segi ekonomi, populasi, maupun infrastruktur.
 
Pembangunan IKN sendiri direncanakan dalam lima tahap sesuai dengan Undang-Undang Ibu Kota Negara, yang akan berlangsung dari tahun 2022 hingga 2045. Tanggung jawab atas persiapan, pembangunan, pemindahan Ibu Kota Negara, dan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara berada di bawah Otoritas Ibu Kota Nusantara. Berikut Fakta mengenai IKN dan persiapannya menyambut HUT RI ke-79.
 
1. Bandara IKN
Proses konstruksi Bandara IKN telah resmi dimulai pada November 2023. Bandara ini terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sekitar 23 km dari pusat IKN dan 120 km dari Balikpapan. Dengan adanya bandara ini, akses ke kawasan IKN akan semakin terbuka, meningkatkan konektivitas, dan memudahkan mobilitas dari berbagai daerah.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menginspeksi perkembangan Bandara IKN dan menyatakan bahwa progresnya berjalan baik dan sesuai dengan jadwal. Bandara ini sudah mulai beroperasi pada Juli 2024 dan beroperasi penuh pada Desember 2024.
 
Pembangunan IKN juga menggandeng sektor swasta dalam mengembangkan transportasi udara. Konsep desain terminal bandara ini akan mengintegrasikan elemen budaya lokal Kalimantan dengan nuansa modern yang ramah lingkungan. Selain itu, bandara ini juga akan meningkatkan konektivitas dan memudahkan akses ke berbagai daerah.
 
2. Pengukuhan Paskibraka HUT ke-79 RI di IKN
 
Sumber: Photo by Mufid Majnun on Unsplash
 
Pada 12 Agustus lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengukuhkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dalam rangka HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Berbeda dari tahun sebelumnya, upacara peringatan HUT ke-79 RI akan dilaksanakan di IKN.
 
Jumlah anggota Paskibraka tahun ini tetap berjumlah 76 orang, terdiri dari pelajar putra-putri yang mewakili 38 provinsi di Indonesia. Empat orang pembawa baki Paskibraka 2023 akan mengemban tugas mengarak duplikat bendera pusaka dari Jakarta ke Nusantara.
 
3. Penundaan rencana kunjungan relawan ke IKN
Presiden Joko Widodo menunda rencana mengajak ratusan relawan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 11 Agustus 2024. Keputusan ini diambil agar bisa lebih fokus pada persiapan upacara HUT ke-79 RI agar tidak terganggu.
 
Kunjungan para relawan dijadwalkan ulang setelah peringatan HUT ke-79 RI, tepatnya pada 24 dan 25 Agustus 2024. Rencananya, sebanyak 500 relawan akan mengunjungi IKN bersama Presiden Jokowi.
 
4. Pelaksanaan Sidang Kabinet Paripurna Pertama Di IKN
 
Sumber: photo by IKN
 
Sidang kabinet paripurna pertama telah diadakan di IKN pada tanggal 12 Agustus 2024 lalu yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Selain melaksanakan sidang kabinet, Presiden Jokowi juga menghadiri peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek di IKN. Dengan demikian, agenda pembangunan IKN ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan Indonesia ke depannya.
 
Sebagai bagian dari Visi Indonesia 2045, pembangunan IKN diharapkan mampu mendukung Indonesia dalam mencapai status negara maju. IKN akan memperkuat identitas nasional dan mengalihkan fokus pembangunan menjadi lebih Indonesia-sentris, serta mempercepat transformasi ekonomi di Indonesia.
 
Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemindahan ibu kota bukan hanya sekadar perpindahan fisik gedung-gedung pemerintahan, melainkan juga perubahan budaya kerja dan pola pikir yang baru, yang didukung oleh sistem dan sumber daya manusia yang telah dipersiapkan dengan matang.
 
Pembangunan IKN diharapkan dapat menjadi kota yang inklusif, hijau, berkelanjutan, serta nyaman untuk dihuni dan humanis.
Scroll To Top