ID | EN

4 Restoran Jawa Otentik di Jakarta

4 Restoran Jawa Otentik di Jakarta yang patut Anda coba.
 
Rindu kampung halaman Anda di Jawa? Ingin pulang namun belum menemukan waktu yang pas? Tenang! Karena 4 restoran ini akan mengobati sedikit rasa rindu Anda dengan sajian khas Jawa. Restoran apa sajakah itu? Yuk, cari tahu di sini!
 
1. Mbah Jingkrak Setiabudi (MJS)
Restoran di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan ini menempati sebuah rumah kuno dari tahun 50-an dengan konsep Jawa yang kental dan Alami, banyak pepohonan rindang yang membuat suasana lebih sejuk. Interiornya juga sangat unik dan kuno, semua meja dan kursi terbuat dari kayu. Ada juga beberapa gazebo yang diletakkan di halaman belakang.
 
Uniknya, di beberapa sudut Anda akan menemukan koleksi kecap dan rokok kuno yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Nuansa Jawa semakin kuat dengan alunan tembang Jawa.
 
Sesuai konsep yang diusung, Mbah Jingkrak Setiabudi menawarkan keunikan masakan khas Jawa yang diaransemen ulang sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Nama tiap menunya pun agak nyeleneh, seperti Ayam Sambut Setan, Ayam Gerandong, Teri Buto Ijo, Sambal Iblis dan masih banyak lagi.
 

Photo Source: Instagram
 
Sekitar 10 menit kemudian, datanglah pesanan kami. Ayam Rambut Setan menjadi menu yang direkomendasikan. Daging ayamnya empuk dan bumbunya pun meresap hingga ke dalam. Jangan lupa untuk mencocolnya dengan sambal bawang, pedasnya membuat sajian ini semakin nikmat. Cicipi juga Ikan Bejo-nya. Hidangan ini berisi ikan mas berukuran kecil dengan bumbu cabe. Untuk menyegarkan mulut yang kepedasan, Anda bisa memilih Es Jujur yang berisi campuran kelapa muda, selasih dan jeruk nipis.
 
Directory & Detail:
Jl. Setia Budi Tengah, Jakarta Selatan
021 5252 605
@mjsetiabudi
 
2. Dapur Solo
Sesuai namanya, restoran yang kini sudah memiliki 15 cabang di Jakarta itu khusus menyajikan hidangan khas Solo, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, kudapan pencuci mulut, hingga minuman.
 
Dapur Solo memang didedikasikan untuk orang-orang yang rindu akan masakan Solo. Itulah mengapa menu-menu yang ditawarkan memiliki cita rasa otentik, agar pengunjung yang datang merasa seperti makan di kampung halaman mereka sendiri.
 

Photo Source: Instagram
 
Untuk menambah nuansa Solo, Dapur Solo menghadirkan desain etnik minimalis. Meski unsur modern adalah nafas utama dari desain interiornya, namun tetap diberikan sentuhan Jawa melalui penggunaan ornamen batik dan berbahan kayu.
 
Menu yang wajib Anda coba di sini adalah Selat Solo yang disajikan dengan menggunakan potongan daging sapi utuh nan empuk dan gurih. Potongan sayuran dan kuah cokelat cair dengan sedikit percikan rasa asam segar dari acar bawang menambah kenikmatan hidangan ini. Sebagai penutup, Anda bisa memilih Serabi Solo atau Bubur Jawa.
 
Directory & Detail:
Jl. Panglima Polim IX No. 25, Jakarta Selatan
(021) 7222311
@dapursolo1988
3. Suwe Ora Jamu
Nongkrong di kafe sambil ngopi itu sudah biasa. Coba sensasi baru, nongkrong sambil minum jamu tradisional. Yup, di Suwe Ora Jamu Anda bisa hangout seru sambil minum jamu.
 
Jauh dari kesan kuno, kafe ini justru terlihat kekinian tanpa meninggalkan kesan Jawa-nya. Di tengah ruangan, Anda akan menemukan bar jamu.
Bakul gendongan jamu, belasan stoples berisi aneka rempah yang biasa digunakan untuk meracik jamu, batu gilingan untuk menumbuk rempah jamu, hingga berbagai potret tokoh penting dari dalam maupun luar negeri yang memenuhi dinding, menjadi pemanis ruangan.
 

Photo Source: Instagram
 
Di sini, Anda bisa menikmati berbagai varian jamu baik yang asli maupun yang sudah ‘dipermak’ menjadi lebih modern namun tetap berkhasiat bagi kesehatan, mulai dari Jamu Linu, Green Tamarin, hingga Jamu Iboe yang merupakan jamu andalan di tempat ini. Sedangkan menu camilan andalan di Suwe Ora Jamu adalah Pisang Goreng Krispi, yakni pisang goreng yang dilengkapi parutan keju dan saus karamel.
Bagi Anda yang ingin menyantap makanan berat, Suwe Ora Jamu juga menyediakan beberapa menu olahan nasi, seperti Nasi Bakar Tandjung Priok yang begitu menggugah selera.
 
Directory & Detail
Jl. Petogogan I No.28 B, Kby. Baru, Jakarta Selatan
021-72790590
@suweorajamu28
 
4. Gudeg Kandjeng
Gudeg Kandjeng ini hampir selalu ramai oleh warga Jakarta yang rindu akan masakan khas Yogyakarta ini. Rasa kuliner Yogyakarta yang otentik menjadi andalan restoran Jawa ini. Selain nasi gudeg, Anda juga dapat menikmati sensasi hangatnya bubur gudeg dengan cita rasa manis. Jangan lupa untuk menjajal minuman khas Jogja seperti es gula asem untuk memberi kesegaran setelah menyantap menu serba santan.
 

Photo Source: Instagram
 
Directory & Detail
Jalan Hangtuah, Bulungan, Jakarta Selatan
(021) 7223692
@gudeg_kandjeng
Scroll To Top