ID | EN

10 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih

Meski memiliki bau yang kurang sedap, tapi ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat.

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata “bawang putih”? Apakah Anda langsung teringat dengan aromanya yang mengganggu pernafasan? Tahukah Anda di balik baunya yang menyengat, ternyata bawang putih menyimpan manfaat yang menakjubkan.

Bagaimana mungkin jenis umbi lapis itu bisa menawarkan banyak manfaat? Bawang putih mengandung senyawa belerang dan allicin yang memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Allicin adalah senyawa aktif dalam bawang putih yang bersifat tidak stabil, dan ampuh membunuh mikroba, seperti kuman-kuman yang menyebabkan infeksi. Bawang putih juga diperkaya vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng.

Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa bawang putih juga mampu mencegah munculnya kanker. Lalu, apa sajakah manfaat menakjubkan yang diperoleh dari bawang putih?

1. Mencegah dan Mengobati Flu
Kandungan antioksidan di dalam bawang putih ternyata bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Nah, jika dirasa flu mulai menjangkiti tubuh, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih!

Buatlah seduhan teh bawang putih dengan cara merajangnya hingga halus, kemudian diseduh menggunakan air panas. Diamkan selama beberapa menit, tiriskan, dan teh bawang putih pun siap diminum.

Anda bisa menambahkan sedikit madu atau jahe agar rasanya lebih enak.

2. Mengontrol Berat Badan
Kabar gembira untuk Anda yang mulai gelisah dengan berat badan, karena ternyata bawang putih bisa membantu mengontrol berat badan.

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan, tikus yang mengonsumsi makanan kaya bawang putih terbukti berkurang berat dan lemak di tubuhnya.

Untuk mendapatkan hasilnya, usahakanlah membuat makanan dengan campuran bawang putih setiap hari.

3. Gatal pada Kaki
Dengan khasiat anti jamur, bawang putih juga dapat meredakan gatal pada kaki. Caranya, rendam kaki Anda dalam bak air hangat yang dicampur dengan irisan bawang putih.

4. Cegah Kerontokan Rambut
Anda punya masalah rambut rontok? Konsumsilah bawang putih! Karena kandungan allicin yang tinggi di dalamnya dapat membuat rambut lebih kuat.

Caranya cukup mudah. Gosokkan siung bawang putih di kulit kepala, peras cairan hingga membasahi kulit kepala agar mendapatkan manfaatnya.

5. Mengobati Infeksi Telinga
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan allicin membuat bawang putih bersifat anti-mikroba.

Dengan demikian, bawang putih pun dapat digunakan untuk mengobati infeksi telinga ataupun infeksi lainnya.

Ikatkanlah potongan kecil bawang putih dengan benang, lalu masukkan ke dalam rongga telinga. Tarik keluar saat telinga mulai terasa tak nyaman.

6. Mengusir Nyamuk
Para Ilmuwan pun tak memiliki jawaban yang pasti tentang temuan ini. Namun, diduga, nyamuk tidak menyukai aroma bawang putih.

Seorang dokter mengatakan, orang yang menggosok ramuan berbau bawang putih di lengan dan kaki, tidak akan digigit nyamuk.

Untuk menerapkannya, buatlah larutan minyak bawang putih yang dicampur minyak labur untuk menjadi pengusir alami. Bisa pula menempatkan siung bawang putih di dekat tempat tidur Anda.

7. Pemurni Darah Alami
Lelah terus-terusan menutupi jerawat? Sudah waktunya untuk mengatasi akar penyebab jerawat dengan memurnikan darah Anda.

Ambil dua siung bawang putih mentah dicampur air hangat. Konsumsilah minuman tersebut tiap pagi, dan jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih sepanjang hari.

8. Pelindung Tanaman
Selain nyamuk, hama kebun pun tidak suka bawang putih. Jadi, bagi Anda pemilik tanaman, gunakanlah bawang putih untuk disulap menjadi pestisida alami. Caranya, campurlah bawang putih dengan minyak mineral, air, dan sabun cair. Lalu, tuangkan ke dalam botol semprot, dan semprotkanlah ke tanaman Anda, maka hama pun akan menjauh.

9. Mengobati Jerawat
Bawang putih memang bukan bahan utama yang digunakan dalam obat jerawat. Tapi, bawang putih mampu menjadi obat alami yang dapat menghilangkan noda bekas jerawat

Antioksidan di dalam bawang putih sanggup membunuh bakteri yang menempel di wajah. Cukup dengan menggosokkan siung bawang putih di atas jerawat untuk mendapatkan perawatan topikal yang efektif.

10. Melepaskan Duri yang Menempel di Bawah Kulit
Menempatkan sepotong bawang putih dan lalu membebatnya dengan perban, dipercaya sejak lama mampu mendorong keluar duri atau benda kecil tajam yang menyusup di bawah kulit.

Scroll To Top