ID | EN

Tak Perlu ke Luar Negeri, 5 Landmark Internasional Ini Ada di Indonesia!

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga memiliki beberapa ikon kota yang menyerupai bangunan di luar negeri, lho! Ada apa saja? Simak berikut ini!
 
Beberapa landmark terkenal memang tersebar di seluruh dunia. Sebut saja Menara Eiffel, Menara Pisa, dan lainnya. Namun, Anda tak perlu repot-repot ke luar negeri untuk merasakan atmosfer landmark khas dunia. Indonesia juga punya, lho, yuk simak selengkapnya!
 
1. Simpang Lima Gumul
Sumber :Simpang Lima Gumul (infopublik.id)
 
Anda mengenali bangunan Arc de Triomphe yang ada di Prancis? Jika iya, ada bangunan di Kediri yang mirip dengannya. Adalah Simpang Lima Gumul, yang terletak persis di tengah persimpangan pusat Kediri. Bangunan dengan luas sekitar 800 meter persegi ini, menawarkan pemandangan seluruh kota Kediri jika Anda melihat dari atas bangunan. Tinggi Simpang Lima Gumul sendiri mencapai 28 meter, lho. Monumen yang diresmikan tahun 2008 ini sekaligus menjadi ikon kota Kediri, di mana Anda juga bisa melihat relief tentang sejarah Kediri yang terukir di bangunannya.
 
2. Masjid An-Nur Riau
Sumber: Masjid An Nur Riau (uloom.id)
 
Jika India punya Taj Mahal, Indonesia juga punya Masjid An-Nur yang terletak di Riau. Struktur bangunannya jika dilihat dari depan sangatlah mirip dengan Taj Mahal. Hanya saja, Masjid An-Nur memiliki nuansa warna hijau yang tentunya tak kalah menarik. Masjid yang awalnya dibangun pada tahun 1968 ini telah melalui berbagai proses renovasi hingga kini luasnya mencapai 4 hektar. Selain bangunannya yang ikonik, masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang ada di Indonesia.
 
3. Kampung Warna-Warni
Sumber: Kampung Warna-Warni (atourin.com)
 
Kembali ke Jawa Timur, ada salah satu tempat wisata yang biasa disebut dengan Kampung Warna-Warni atau Kampung Jodipan yang berlokasi di Malang. Melihat sekumpulan bangunan warna-warni yang berundak, akan mengingatkan Anda dengan Gamcheon Village yang ada di Busan, Korea Selatan. Di sini masih banyak warga lokal yang bermukim, sekaligus menawarkan berbagai cinderamata buatan tangan yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh. Ada juga berbagai spot Instagrammable seperti jembatan kaca, lorong payung, hingga tangga warna-warni yang pastinya sayang jika dilewatkan.
 
4. Janjang Koto Gadang
Sumber: Janjang Koto Gadang (genpi.id)
 
Meluncur ke Kabupaten Agam, Sumatra Barat, ada sebuah objek wisata yang akan mengingatkan Anda dengan The Great Wall of China. Namanya adalah Janjang Koto Gadang, yang merupakan jalan bertembok dengan panjang mencapai 780 meter. Untuk melintasi seluruh bangunan, diperlukan waktu berjalan sekitar 10-15 menit. Untuk jalur yang dilintasi Janjang Koto Gadang sendiri sebenarnya sudah ada dari zaman penjajahan Belanda, namun dahulu hanya berbentuk jalan setapak berupa tanah dan hanya ditopang bambu. Barulah pada tahun 2013 Janjang Koto Gadang diresmikan sebagai objek wisata baru yang masih bisa Anda nikmati sampai sekarang.
 
5. Jembatan Ampera
Source : Jembatan Ampera (Detik.com)
 
Masih di Sumatra, tepatnya di Sumatra Selatan, ada Jembatan Ampera di kota Palembang. Untuk yang satu ini sudah tidak asing lagi, bukan? Ya, jembatan yang khas dengan warna merahnya itu mengingatkan kita dengan Golden Gate Bridge yang ada di San Francisco. Dibangun pada tahun 1957, jembatan yang panjangnya sekitar 1 KM ini menjadi ikon kota Palembang yang paling terkenal. Jembatan ini melintasi Sungai Musi, dan menjadi penghubung antara area Seberang Ulu dan Seberang Ilir.
Scroll To Top