ID | EN

12 Tempat Petualangan Seru Yang Wajib Didatangi Di Manado

Ini dia Bucket List di Manado yang harus kamu coba!
Photo source: Enchanting Indonesia (Web)
 
Manado merupakan Ibu Kota Propinsi Sulawesi Utara, dan juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit lokal maupun mancanegara. Tempat ini dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Bagi Anda yang menyukai alam, kegiatan outdoor, dan hendak bepergian ke Manado, tandanya Anda wajib memasukkan 12 tempat ini ke dalam bucket list Anda. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah, tapi juga memiliki petualangan yang seru!
 
1. Diving Di Bunaken
 

Photo source: Remote and Float (Web)
 
Tempat ini pertama kali ditemukan oleh Nusantara Diving Club tahun 1975. Terkenal dengan pemandangan kehidupan laut yang indah dan menjadi salah satu destinasi favorit para divers dunia. Bunaken juga terkenal dengan perairannya yang jernih dan memiliki lebih dari 390 spesies karang yang ditemukan di sana! Tak heran jika Bunaken terkenal sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Dan juga diakui oleh UNESCO sebagai The World Heritage List.
 
2. Menikmati Keindahan Alam Danau Tondano
 

Photo source: Pin Home (Web)
 
Danau Tondano merupakan danau terbesar di Sulawesi Utara. Tempat ini juga wajib dimasukan ke dalam bucket list Anda! Danau ini dikelilingi oleh pegunungan alami yang menakjubkan sehingga Anda dapat menikmati panorama fantastis sambil bersantai dan menghirup udara segar di tepi danau.
 
3. Trekking Ke Gunung Tumpa
 

Photo source: iNews (Sulut)
 
Gunung Tumpa memiliki ketinggian mencapai 750 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga memiliki keindahan panoramanya tersendiri. Karena memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, maka Gunung Tumpa sangat cocok bagi mereka yang memiliki sedikit pengalaman hiking tapi penasaran untuk mencoba. Gunung ini juga memiliki hutan lindung yang akan menyuguhkan pemandangan memukau, mulai dari berbagai tumbuhan dan juga hewan eksotis. Jangan melewatkan pemandangan di puncaknya karena memiliki pemandangan yang spektakuler!
 
4. Mengunjungi Pulau Siladen
 

Photo source: Celebes (Web)
 
Bagi Anda pecinta pantai, hobi memungut kerang, mendambakan berjemur di bawah sinar matahari yang cerah, dan menemukan sedikit kedamaian dan ketenangan, wajib mengunjungi Pulau Siladen. Pulau Siladen menawarkan semua hal di atas hanya untuk Anda! Di sini juga terdapat terumbu karang dan biota laut yang indah yang bisa Anda nikmati saat menyelam.
 
5. Snorkeling di Lembeh
 

Photo source: Aksara.co (Web)
 
Lembeh merupakan surga bagi mereka yang mencintai kehidupan laut dan penasaran dengan misteri apa yang berada di dasar laut. Kota ini dikenal sebagai Ibu Kota Dunia untuk "muck diving" yang berarti Anda dapat menemukan berbagai barang yang ditutupi oleh karang dan hewan langka yang bersembunyi di dalamnya seperti kapal yang tenggelam atau terbengkalai, kuda laut berduri, dan gurita mimik. Terkenal dengan apa yang dilakukan orang-orang di banyak daerah di Lembeh, tempat ini menjadi pilihan populer di kalangan “muck divers”, penggemar fotografi mikro, dan juga para turis yang penasaran dengan keindahan alam bawah lautnya.
 
6. Berkendara ke Ibukota Bunga, Tomohon
 

Photo source: Liputan6 (Web)
 
Tomohon dikenal sebagai Kota Bunga karena kota ini merupakan kota penghasil bunga. Selain itu, Tomohon juga terkenal dengan festival bunganya, salah satunya adalah Tomohon International Flower Festival (TIFF). Banyak wisatawan lokal maupun internasional berdatangan ke sini untuk melihat festival bunga terkenal ini. Di sini Anda dapat menyaksikan banyak hal, mulai dari parade mobil berhias bunga atau rangkaian bunga lengkap hingga berbagai petunjukan budaya yang menarik. Selain itu, Tomohon juga dikenal dengan wisata kulinernya yang enak.
 
7. Jelajahi Taman Nasional Tandurusa
 

Photo source: Indonesia Travel (Web)
 
Sulawesi Utara adalah rumah bagi banyak flora dan fauna eksotis. Taman Nasional Tandurusa menawarkan berbagai satwa langka seperti kera hitam, tarsius, beruang kuskus, dan masih banyak lagi. Ajaklah orang yang Anda cintai ke sini untuk berbagi momen pengalaman yang luar biasa di sini!
 
8. Bermain Arung Jeram Di Timbukar
 

Photo source: Kompasiana (Web)
 
Bila Anda menyukai aktivitas outdoor yang penuh tantangan seru, kunjungilah Timbukar. Timbukar memiliki rute arung jeram yang paling populer yaitu perjalanan menyusuri Sungai Nimanga. Rute ini adalah perjalanan mendebarkan sepanjang 9 km menyusuri perairan Nimanga yang memancar dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Anda dapat melihat seluruh rute yang dikelilingi hutan indah dan menghirup udara sejuk di sekitar perairan segar.
 
9. Air Terjun Ratahan Telu
 

Photo source: Celebes (Web)
 
Air Terjun Ratahan Telu merupakan hidden gems indah dan wajib dikunjungi di Sulawesi Utara. Objek wisata ini terdiri dari 3 air terjun berbeda yang letaknya berdekatan dan tingginya sekitar 20 hingga 60 meter! Bagi Anda yang membutuhkan rekreasi untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan rasa jenuh, kunjungilah tempat yang satu ini. Pastinya sepulang dari tempat ini rasa jenuh akan hilang.
 
10. Nikmati Kesejukan Udara Di Mondoinding
 

Photo source: Celebes (Web)
 
Sempatkanlah melakukan perjalanan ke Modoinding, Sulawesi Utara. Sebagian besar sayuran yang dikonsumsi di provinsi Sulawesi Utara berasal dari tempat ini. Perjalanan di sini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin melarikan diri untuk mencari ketenangan dan kedamaian. Danau Mokabang juga merupakan tempat yang perlu Anda masukan ke dalam rencana perjalanan Anda ke Modoinding. Di sini juga terdapat pemandian air panas. Jadi pastikan juga Anda membawa pakaian berenang untuk bisa berendam di pemandian air panas Mondoinding.
 
11. Jembatan Soekarno Yang Terkenal
 

Photo source: Jejak Piknik (Web)
 
Perjalanan ke Manado belumlah lengkap tanpa mengunjungi Jembatan Soekarno yang terkenal. Tingginya mencapai 1.127 meter, jembatan ini menyuguhkan pemandangan yang spektakuler. Sepanjang perjalanan, Anda dapat melihat Pulau Manado Tua dengan pegunungan menjulang di tengah laut Teluk Manado. Pemandangan ini jelas bukan pemandangan yang Anda lihat setiap hari, oleh karena sempatkanlah diri untuk berkunjung ke sini.
 
12. Mampir Di Kampung Cina
 

Photo source: Celebes (Web)
 
Kampung Cina memiliki banyak histori. Mulai dari bangunan bersejarah, kelenteng klasik bergaya Tiongkok, dan masih banyak lagi peninggalan sejarah Indonesia. Di sini Anda juga dapat menyaksikan budaya tradisional Tiongkok yang masih kental. Jangan lupa untuk melihat seni bela diri mereka yang telah menjadi salah satu identitas mereka yang sangat dikenal. Paling seru mengunjungi Kampung Cina pada waktu tanggal penting Cina untuk melihat semangat kemeriahan penduduk setempat. Seperti salah satunya Hari Raya Imlek.
Scroll To Top