ID | EN

Makanan Indonesia Yang Wajib Dibawa Saat Berlibur Ke Luar Negeri

Ini dia daftar makanan Indonesia yang wajib dibawa saat berlibur. Hemat dan praktis juga, lho!
 
Berencana pergi berlibur? Pastinya akan seru dan menyenangkan. Namun tak jarang juga pada saat berlibur ke negeri orang, seperti ke Eropa atau Amerika, kita merindukan makanan negeri sendiri. Untuk mengobati rasa rindu akan masakan Nusantara sekaligus berhemat saat berlibur ke luar negeri, bawalah makanan-makanan khas Nusantara berikut ini ke dalam koper Anda. Simak selengkapnya dalam artikel ini!
 
Sambal
Sambal merupakan makanan wajib dibawa saat bepergian ke luar negeri. Mulai dari saus sambal, sambal bawang, sambal terasi, sambal hijau, sambal bajak, sambal tomat, dll. Namun perlu diingat, seperti negara Prancis melarang wisatawan untuk membawa saus tomat. Ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu makanan mana yang boleh dan tidak yang dibawa ke negara yang akan Anda tujuan.
 
Rendang
 
Makanan yang satu ini wajib dibawa ke dalam koper Anda. Saat ini ada berbagai macam rendang yang dikemas dalam bentuk frozen food. Sehingga lebih praktis untuk diolah dan dimakan saat Anda bepergian ke luar negeri. Selain Rendang yang dikemas dalam bentuk frozen food, Dendeng Batakok, Ayam Suir Pedas, Tongkol Suir Rica, Ayam Goreng yang dikemas dalam bentuk frozen food, dapat menjadi ide makanan yang bisa dibawa saat berlibur. Pastikan Anda mengemasnya dengan benar. Tanyakan juga ke penjual apakah dapat bertahan lama saat dibawa dalam pesawat untuk penerbangan jarak jauh atau tidak. Anda bisa memesannya melalui online shop ternama. Perlu dicatat, negara-negara seperti Australia, Amerika Serikat, dan juga  negara-negara Eropa biasanya melarang wisatawan asing membawa makanan produk hewani dalam kemasan apapun. Jadi jangan kaget bila rendang ataupun makanan produk hewani yang Anda bawa disita. Bahkan ada beberapa negara yang menerapkan denda bagi wisatawan asing yang hendak memasuki negara mereka yang membawa produk makanan hewani. Pastikan cari tahu dulu ya sebelum Anda memutuskan untuk membawa makanan produk hewani.
 
Teri Kacang & Kentang
Saat ini banyak teri kacang dan kentang kering yang dijual dan siap saji. Menu yang satu ini bisa juga menjadi menu tambahan atau pelengkap saat bersantap. Rasanya nikmat saat disantap bersamaan dengan nasi panas. Praktis, tahan lama, dan mudah untuk dibawa ke mana saja.
 
Mie Instan

Photo source: Alinear docs.
 
Nah, kalau yang satu ini adalah makanan favorit orang Indonesia pada umumnya. Selain untuk mengganjal perut, cara penyajiannya pun tergolong mudah dan juga cocok dinikmati saat udara sedang dingin. Bagi pecinta pedas, jangan lupa tambahkan saus sambal agar makannya jadi lebih nikmat.
 
Bumbu Instan

Photo source: Alinear docs.
 
Bagi Anda yang memilih apartemen sebagai akomodasi menginap selama di luar negeri, tandanya Anda memiliki keuntungan untuk memasak.  Karena biasanya apartemen yang disewakan memiliki dapur beserta peralatannya. Bumbu instan yang wajib dibawa adalah bumbu nasi goreng, sop, tumisan, opor, kari, dll.
 
Makanan Ringan
Bagi Anda yang menyukai cemilan, pastikan Anda membawa cemilan yang hanya dijual di Indonesia yang sudah dikemas dan memang dijual di supermarket atau mini market yang ada di Indonesia. Selain bisa menemani Anda saat liburan ke luar negeri, membawa cemilan juga dapat membantu Anda untuk berhemat juga lho.
 
Minuman Kemasan Sachet

Photo source: Alinear docs.
 
Membawa minuman kemasan sachet juga dapat membantu Anda berhemat saat berlibur ke luar negeri. Walaupun ini optional, tapi tidak ada salahnya Anda bekal di koper. Sehingga bila kapanpun Anda mau, Anda bisa langsung membuatnya tanpa harus memesan atau keluar dari tempat menginap Anda. Minuman kemasan yang bisa dibawa misalnya seperti kopi, teh, susu cokelat, Energen, Nutrisari, dll.
Scroll To Top