ID | EN

5 Aplikasi untuk Menunjang Ibadah Selama Ramadan

Aplikasi yang bisa diunduh di Play Store untuk menunjang ibadah Anda selama bulan Ramadan.

Top photo by pixabay.com/users/freebiespic-8528972/

Di era yang semakin canggih seperti sekarang ini, teknologi memiliki kontribusi di berbagai aspek, termasuk ibadah. Banyak aplikasi bermunculan yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk beribadah. Di bulan Ramadan ini, Anda pun dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang bisa diunduh di Play Store untuk menunjang ibadah Anda. Seperti lima aplikasi berikut ini:

1. Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio
Sesuai namanya, aplikasi Al-Qur’an ini dilengkapi dengan tajwid berwarna lengkap 30 juz, di mana setiap huruf diberikan warna berbeda sesuai dengan kaidah tajwid. Selain itu, juga terdapat petunjuk hukum-hukum tajwid untuk setiap warna. Fitur tajwid tersebut bermanfaat untuk memudahkan pembaca dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid yang sebenarnya.

Al Quran Tajwid juga dilengkapi tafsir Jalalain lengkap 30 juz dalam bahasa Indonesia Sebagian ayat Al-Qur’an juga mencantumkan riwayat sebab-sebab turunnya dalam bahasa Indonesia saat pembaca mengklik ayat tertentu. Asbabun nuzul ini bersumber dari kitab karya Imam Jalaludin As-Suyuthi. Aplikasi Al-Qur’an ini juga dilengkapi Murottal dari 10 qari pilihan.

2. Muslim Pro - Ramadhan 2020
Muslim Pro merupakan aplikasi pengingat waktu salat dan azan yang terbilang cukup akurat. Fitur ini bahkan dilengkapi pemberitahuan visual dan audio sebagai pengingat salat dengan beberapa suara muazin merdu yang dapat dipilih.

Muslim Pro juga memiliki fitur lainnya yang sangat lengkap seperti Al-Qur'an, jadwal imsakiah, penunjuk arah kiblat, kalender hijriah, rumah makan halal, lokasi masjid terdekat, kalkulator zakat, dan lain sebagainya.

3. Marbel
Aplikasi ini cocok untuk para orang tua yang ingin memperkenalkan puasa ke anak-anak mereka. Marbel dilengkapi beberapa materi tentang puasa seperti pengertian puasa, keutamaan bulan Ramadhan, amalan puasa, dan rukun puasa. Materi yang disajikan ditampilkan dalam ilustrasi animasi yang lucu, sehingga memudahkan dan membuat anak-anak tertarik untuk belajar.

4. Buku Saku Ramadhan

Aplikasi ini menyediakan informasi-informasi seputar Ramadan seperti keutamaan puasa, keutamaan Ramadhan, awal bulan Ramadhan, pengertian puasa, sunah-sunah puasa, zakat fithrah, dan masih banyak lagi. Buku Saku Ramadhan membantu para penggunanya dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan seputar Ramadan.

5. Menu Buka Puasa Lengkap
Sesuai namanya, aplikasi ini membantu Anda yang masih bingung membuat takjil atau menu makanan untuk buka puasa atau menambah koleksi resep masakan berbuka puasa agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Menu Buka Puasa dapat dijadikan sebagai referensi untuk memasak menu buka puasa saat bulan Ramadan. Aplikasi ini menyediakan menu buka puasa beserta resepnya secara lengkap sehingga sangat cocok untuk para pengguna yang hobi memasak.

Scroll To Top