ID | EN

Perjalanan Menuju Pencapaian Kebebasan Finansial

Mencapai kebebasan finansial merupakan impian banyak orang. Mau tahu caranya? Yuk, baca artikel berikut ini!

 
Memiliki rumah impian, mobil impian, menyekolahkan anak di sekolah terbaik, traveling ke destinasi impian, memiliki proteksi dan investasi yang tepat untuk pribadi maupun keluarga, dan memiliki keadaan ekonomi yang mapan, pastinya impian semua orang. Namun untuk mencapai itu semua dibutuhkan perjuangan dan usaha yang konsisten untuk mencapai kebebasan finansial, atau bahasa kerennya sekarang: financial freedom. Dilansir dari www.getrichslowly.org, Anda dapat mengetahui di tahapan mana secara ekonomi dan finansial Anda berada. Berikut beberapa tahapan menuju kebebasan finansial yang perlu diketahui.
 
Stage 0
Dependence
Dalam tahapan ini, kebutuhan dan gaya hidup Anda masih dibiayai oleh pihak lain, misalnya kebutuhan hidup Anda masih dibiayai dan tergantung dari orang tua. Terlebih lagi bila pengeluaran dan utang Anda melebihi pendapatan Anda, bisa dikatakan Anda masih berada di dalam level ini.
 
 
Stage 1
Solvency
Di tahap ini bisa dikatakan Anda telah menemukan komitmen dalam keuangan tanpa bantuan dari pihak luar. Anda mencapai tahapan ini ketika mulai mendapatkan “profit” dari hasil kerja ataupun usaha yang Anda lakukan, dimana penghasilan melebihi pengeluaran. Dalam tahapan ini, Anda menggunakan surplus yang Anda dapatkan untuk membayar utang dan juga dapat memenuhi kewajiban keuangan yang harus dibayarkan.
 
Stage 2
Stability
Dalam tahapan ini Anda telah mencapai kestabilan ekonomi dimana Anda sudah tidak lagi memiliki utang. Anda mampu melunasi tagihan kartu kredit, pinjaman ke bank, dll. Namun Anda masih memiliki “good debt”, contohnya seperti biaya cicilan KPR. Anda telah menghilangkan kewajiban lain dan membangun penyangga tabungan darurat untuk melindungi diri dari kejadiaan yang tidak diinginkan.
 
 
Stage 3
Agency
Anda telah mencapai kebebasan untuk menjalankan hidup dan pekerjaan sesuai dengan pilihan. Pada tahapan ini, Anda telah menghilangkan utang seperti, pinjaman untuk dana pendidikan, cicilan KPR (Anda memiliki uang tunai untuk melunasinya). Pada tahapan ini, Anda memiliki tabungan yang cukup di bank untuk berhenti dari pekerjaan tanpa harus mengkhawatirkan masa depan.
 
Stage 4
Security
Hasil dari investasi Anda dapat membiayai kebutuhan dasar Anda maupun keluarga. Uang yang telah Anda tabung dan investasikan dapat membiayai kebutuhan rumah tangga seperti pemenuhan kebutuhan akan sandang yang layak, pangan, papan, serta asuransi untuk memproteksi income dan cash flow keuangan. Hal ini dapat Anda lakukan walaupun Anda tidak akan bekerja lagi seumur hidup Anda.
 
 
Stage 5
Independence
Nah, kalau sudah mencapai tahapan yang satu ini tandanya Anda sudah mencapai tahapan kenyamanan. Pada posisi ini, hasil dari tabungan dan investasi Anda dapat membiayai kehidupan baru yang Anda miliki, mulai dari kebutuhan dasar hingga kenyamanan. Bisa dikatakan hidup Anda secara finansial dan ekonomi berkecukupan.
 
Stage 6
Abundance
Bila Anda sudah mencapai tahapan ini, berarti Anda sudah berada dalam posisi kelimpahan. Seluruh passive income dari hasil investasi Anda tidak hanya membiayai gaya hidup Anda saja, tetapi juga menganugerahkan kebebasan untuk melakukan apapun yang Anda inginkan dan pilih, seperti: menikmati kemewahan, membangun bisnis, dan juga menjelajahi dunia.
Scroll To Top