ID | EN

5 Kopi Termahal Di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia!

Ternyata salah satu kopi termahal di dunia dari Indonesia, lho. Baca selengkapnya!
Photo by KWON JUNHO on Unsplash
 
Kopi adalah tanaman yang sangat dihargai dan sangat populer saat ini karena banyak orang berbisnis kopi hampir diseluruh dunia. Di Indonesia terlihat banyak sekali gerai dan kedai kopi atau bahkan kafe ataupun restoran yang juga menjadikan salah satu menu andalannya adalah Kopi. 
 
Kedai kopi menjadi tempat yang pas dan cocok untuk bertemu dengan kolega atau teman. Bahkan banyak juga yang hanya duduk dan bersantai sejenak untuk dapat mengalihkan kesibukan dengan cara mencicipi secangkir kopi.
 
Kopi memiliki kandungan kafein yang memiliki berbagai manfaat yaitu salah satunya adalah untuk menstimulasi otak dan indera. Aroma dari kopi memberikan energi yang berbeda pada setiap orang yang menikmatinya. Pernahkah terlintas bahwa ada beberapa varian atau kopi termahal di dunia dan dari Indonesia? Yuk, kita telusuri beberapa kopi termahal di dunia dalam ulasan hari ini.
 
1. Saint Helena
Jenis kopi ini berasal dari pulau kecil Saint Helena di Atlantik Selatan. Awalnya diperkenalkan dari kota pelabuhan Mocha di Yaman dan sangat dihargai, harganya bisa mencapai $145 per pon. Biaya transportasi untuk kopi ini cenderung tinggi karena pulaunya yang terletak di Samudra Atlantik, sekitar 1.200 mil dari pantai barat Afrika.
 
Varietasnya sulit tumbuh dan membutuhkan perawatan yang hati-hati. Kelangkaan membuatnya bisa menjadi lebih mahal. Banyak pecinta kopi yang ingin mencicipi kopi ini dengan campuran yang kaya akan karamel dengan harumnya rasa jeruk.

Photo by Yanapi Senaud on Unsplash
 
2. Hacienda La Esmeralda
Kopi dari Hacienda la Esmeralda tumbuh di sisi Gunung Baru di Panama. Wilayah ini dianggap sebagai penghasil kopi Gesha teratas di dunia. Kopi ini memiliki rasa yang kaya dikombinasikan dengan rasa buah dan bunga.
 
Memastikan kualitas terbaik yang dipilih, biji kopi juga dipilih sendiri. Kopi ini cukup populer dan dinikmati oleh banyak orang di kafe atau di rumah, dan perkebunan kopi ini juga telah dianugerahi beberapa penghargaan, lho. Harga kopi ini bisa berharga sekitar $350 per pon-nya.
 
3. Finca El Injerto
Kopi ini tumbuh di daerah dataran tinggi Guatemala dan sering dilelang. Tingginya harga karena kopi ini dibuat dari biji kecil yang langka dan kaya. Kualitas kacangnya yang tinggi bahkan juga harus dengan mencucinya dan memecahkannya dua kali. Kopi ini cukup populer di kalangan pecinta kopi. Kopi ini tergolong mahal yang diperkirakan dengan harga $500 per pon.

Photo by Tyler Nix on Unsplash
 
4. Kopi Luwak
Kopi Luwak berasal dari Indonesia. Buah kopi dikonsumsi oleh musang palem Asia, yang merupakan kucing asli hutan tropis. Hewan-hewan itu kemudian membagikan biji kopi, yang dikumpulkan dan diproses. 
 
Kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang unik dan lezat. Banyak yang percaya bahwa luwak hanya memilih buah kopi terbaik untuk dimakan. Namun, penting untuk dicatat bahwa terkadang sulit untuk memastikan keaslian kopi yang dipasarkannya. Ternyata harga Kopi Luwak ini sangat mahal yang diperkirakan $600 per pon!
 
5. Black Ivory Coffee
Apakah Anda pernah mendengar jenis kopi ini? Jenis kopi ini berasal dari Thailand Utara dan dibuat dari biji Arabika oleh Black Ivory Coffee Company. Kopi ini disiapkan oleh Gajah yang mengonsumsi kacang dan saat kacang melewati sistem pencernaan, lalu ditindaklanjuti prosesnya dengan enzim yang ada.
Kacang dipecah, menghasilkan rasa yang kuat dan halus. Kopi yang diproduksi dengan cara ini langka dan mahal karena hanya sedikit biji yang dapat diproduksi. Bukan hal yang aneh bagi kopi ini untuk mendapatkan harga $1500 per pon membuatnya menjadi yang teratas dalam daftar kopi termahal di dunia!

Photo by Caleb Minear on Unsplash
 
Kalau dilihat, harga kopi bisa mahal karena adanya proses yang tidak mudah untuk menghasikan kualitas kopinya yang baik, dan beberapa diantaranya adalah karena kelangkaannya.
 
Untuk memastikan Anda mendapat kualitas kopi yang baik dan menghidari dari penipuan, sebaiknya Anda membeli kopi dari pemasok yang terpercaya ya!
Scroll To Top