ID | EN

Servis dan Tips yang Dibutuhkan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh (Road-Trip)

Kondisi-kondisi yang harus diperhatikan sebelum Anda berkendara jarak jauh.
 
Bagi Anda yang gemar traveling atau road trip menggunakan jalur darat dengan mobil, yuk kita tengok terlebih dahulu apakah mobil atau kendaraan yang Anda gunakan sudah siap dan layak untuk melakukan perjalanan. Sebaiknya Anda mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menghambat karena kondisi mobil yang tidak sehat di perjalanan. Melakukan perjalanan jauh tidak saja hanya kondisi mobil yang perlu diperhatikan, namun kondisi pengemudi-pun juga harus dijaga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.
 
Pastikan Pengemudi Cukup Tidur
Beberapa survei membuktikan bahwa pada saat berkendara, dapat menyebabkan rasa kantuk. Nah, ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh, kondisi badan harus fit dan harus cukup tidur. Selain itu, agar terhindar dari rasa kantuk, cobalah Anda siapkan beberapa snack atau camilan pada saat diperjalankan ketika membutuhkannya. Snack seperti permen karet, coklat, roti, atau camilan lain yang Anda suka dan dapat membantu saat diperjalanan.
 

Photo by why kei on Unsplash
 
Prokes dan Stay Hydrated
Walaupun pandemi telah kian membaik, Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan 3M saat melakukan perjalanan, ya! Namun, pada saat dijalan Anda harus Stay Hydrated atau tidak dehidrasi. Jadi Anda harus tahu betul kondisi kesehatan badan Anda. Terkadang tanpa disadari tubuh kita kekurangan cairan (ion) tubuh dan membutuhkannya pada saat berkendara. Sehubungan dengan hal tersebut, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa minuman seperti air mineral, minuman dingin, kopi, atau minuman isotonik untuk meningkatkan ion tubuh Anda. Pilihlah minuman yang sesuai untuk Anda.
 
Rencanakan Titik Area Pemberhentian (Rest Area)
Tidak hanya merencanakan lokasi kepergiannya saja, tapi Anda juga harus mempunyai rencana kapan dan dimana Anda akan beristirahat. Maka dari itu ada baiknya Anda mempelajari rute perjalanan dan membuat rencana titik peristirahatan Anda.
 
Perhatikan Kursi Duduk Pada Saat Berkendara
Pada saat melakukan perjalanan yang jauh, sebaiknya Anda memperhatikan kursi duduk saat menyetir mobil. Terkadang secara tidak sadar kita mengabaikannya, namun hal ini bisa membuat Anda malah lebih nyaman saat berkendara jauh. Jadi, pastikan kursi duduk yang tegak tetapi nyaman untuk Anda saat berkendara.
 

Photo source: Bengkelin.id (Instagram)
 
Mobil Dicek dan Di-Scan Secara Menyeluruh
Ini sangat penting diperhatikan untuk kondisi mobil Anda sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan Anda mengecek mobil seperti Oli, Air Radiator, Kondisi kesehatan AC, Pengecekan Bearing pada Kaki-Kaki, Ban, dan Kelistrikan mobil Anda. Sebaiknya Anda melakukan servis secara menyeluruh dan perhatikan kilometer dan jarak yang akan tempuh nantinya. Bagi Anda yang mungkin membutuhkan layanan servis mobil yang dapat dipanggil kerumah (Home-Service), Bengkelin.id bisa menjadi salah satu opsi bagi Anda untuk memenuhi perawatan dan servis mobil yang Anda butuhkan baik itu mobil Asia, mobil Eropa, Hybrid, atau mobil Supercar sekalipun.
 
Tidak hanya itu, Bengkelin.id, yang menspesialisasikan pada mobil Eropa dan Supercar ini, memang fokus pada layanan Home-Service untuk menjadi mitra dan pilihan bagi Anda yang membutuhkan di area Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, dan sekitarnya. Montir akan datang sesuai jadwal yang ditentukan dan langsung mengecek kondisi mobil Anda. Apabila ditemukan sesuatu yang tidak layak pada kondisi atau mobil Anda, Montir Bengkelin.id akan segera memberitahukannya, juga dapat berkonsultasi dan berdiskusi dengan Montir untuk perawatan terbaik mobil Anda. Jadi, bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan jauh atau road-trip atau ingin servis mobil, mungkin bisa langsung saja hubungi via WhatsApp atau Instagram.
Scroll To Top