ID | EN

4 Fitur Bermanfaat di Android yang Jarang Diketahui

Android Device Manager adalah salah satu fitur di smatphone Android yang masih jarang diketahui

Tak dapat dipungkiri, kemampuan smartphone Android terus berkembang dan semakin mumpuni. Kini sistem operasi yang dimiliki Google tersebut hadir dengan fitur yang lebih beragam. Bahkan ada beberapa fungsi yang dapat memaksimalkan smartphone. Namun sayangnya, hanya sedikit orang yang tahu fungsi tersebut. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Mematikan dan Mengatur Ulang Smartphone dari Jarak Jauh
Kehilangan smartphone merupakan hal yang sangat menyebalkan. Terlebih, jika hal itu terjadi karena keteledoran pemiliknya sendiri.

Untungnya, Android memiliki fitur bernama Android Device Manager yang dapat digunakan untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh. Dengan fitur ini, Anda dapat menghapus bahkan mengatur ulang perangkat ke mode factory reset untuk mencegah data disalahgunakan.

2. Menjalankan Perintah Suara Saat Layar Terkunci
Sejumlah smartphone Android sebenarnya memiliki fitur mengaktifkan pencarian berbasis suara, sekali pun layar dalam keadaan terkunci. Namun fitur ini dapat berfungsi pada perangkat yang sudah mengaktifkan sistem pendeteksi suara.

Untuk mengaktifkannya, Anda cukup membuka "Google Settings", kemudian pilih "Search and Google Now". Setelah itu pilih "Voice", lalu "Ok Google Detection" dan aktifkan "Always On". Setelah itu, Anda cukup mengatakan "Ok Google" untuk mengaktifkan smartphone.

3. Memindai Dokumen
Hingga kini, mesin pemindai (scanner) masih diminati mengingat penggunaan kertas yang masih tinggi. Namun tahukah Anda bahwa smartphone Android ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai pemindai dokumen mobile.

Meski hasilnya kurang memuaskan, kemampuan ini terbilang sangat membantu bagi penggunanya yang membutuhan proses pemindaian secara cepat dan langsung. Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi seperti Evernote untuk mengubah smartphone menjadi pemindai.

4. Menjadi Kompas atau Barometer

Photo Source: http://www.readthetech.com/

Hadirnya fitur sensor pada smartphone Android ternyata dapat dimanfaatkan untuk beragam fungsi. Anda cukup mengunduh aplikasi yang tersedia untuk memanfaatkan fungsi tersebut, seperti Smart Compass atau AndroiTS Compass Free. Sementara untuk memanfaatkan smartphone sebagai barometer, Anda dapat menggunakan Barometer Altimeter DashClock untuk memaksimalkannya. Selamat mencoba!

 

 

Scroll To Top