ID | EN

10 BAKMIE LEGENDARIS DI BANDUNG YANG WAJIB DICOBA

Yuk, intip apa saja bakmie ala Bandung Banget yang wajib dicoba!
Photo by M. W on Unsplash
 
Bicara tentang kuliner Bandung memang tidak pernah ada habisnya dan selalu bikin kangen. Kota ini terkenal dengan kulinerannya yang kaya akan rasa dan memiliki  ciri khasnya tersendiri. Salah satu jenis kuliner Bandung yang “Bandung banget” adalah bakmie bakso. Bagi pecinta bakmie, tentunya tidak mau melewati kuliner Bandung yang  satu ini dong. Yuk, intip apa saja bakmie ala Bandung yang wajib dicoba!
 
1. BAKMIE LINGGAR JATI
Terletak di Jalan Balong Gede, tepat di pusat kota , berseberangan dengan Mesjid Alun Alun. Restoran ini sudah ada sejak tahun  1950-an dan hanya menjual menu bakmie. Interiornya kental dengan suasana tempo dulu yang dicat dengan warna hijau telur asin. Restoran ini menyajikan bakmie bakso kuah, yamien manis atau asin, bihun bakso kuah, bisa ditambahkan dengan babat maupun tahu. Terdapat dua ukuran bakmie, yaitu satu porsi dan setengah porsi. Untuk minumannya yang paling popular dari dulu adalah Es Alpukat. Rasanya yang khas membuat siapapun ketagihan. Tempat makan ini adalah salah satu tempat tujuan wisata  kuliner Bandung hingga sekarang.
 

Photo by Jie Wang on Unsplash
2. BAKMIE NARIPAN
Bakmie yang satu ini juga merupakan salah satu bakmie legendaris di Bandung.
Namanya Bakmie Naripan karena terletak di Jalan Naripan. Bakmie ini sudah ada sejak tahun 1965. Awalnya restoran ini memiliki luas sebesar 25 meter persegi. Namun seiring bertambahnya pengunjung yang datang, Bakmie Naripan memperluas tempatnya. Yang menjadi menu favorit di sini adalah yamien manis dan yamien asinnya yang disajikan dengan bakso dan topping dengan daging cincang yang enak. Bisa juga ditambahkan babat bagi Anda yang menyukainya. Tidak hanya itu, bakso goreng pun menjadi menu yang jangan terlewatkan untuk dipesan, dapat dinikmati bersamaan dengan yamin manis maupun asin. Bakmie Naripan juga membuka cabang pertamanya di Jakarta, yaitu di MOI, Kelapa Gading.
 
3. BAKMIE KEJAKSAAN
Berdiri sejak tahun 1965, salah satu tempat makan bakmie legendaris ini banyak sekali penggemarnya. Jangan heran kalau datang ke sini antriannya panjang. Bahkan bisa menunggu sampai 1 jam lebih lho! Di sini terkenal dengan menu mie ricanya yang disajikan bersamaan dengan bakso, ceker, serta sawi. Tekstur mienya pun lembut dan tidak keriting. Selain mie rica yang rasanya pedas, batagornya pun menjadi salah satu menu wajib dicoba. Untuk menu batagor disajikan dengan dua opsi, yaitu dengan bumbu kacang dan kecap, serta ada yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Sekarang Bakmie Kejaksaan sudah memiliki cabang di luar Bandung, tepatnya di Jalan Margonda Raya no.239, Beji, Depok, Jawa Barat.
 

Photo by Debbie Tea on Unsplash
4. BAKMIE ENCEK
Buat yang mau ke sini, Bakmie Encek ada di Jalan Guntur no.24, daerah Burangrang. Nah, kalau ke sini harus mencoba yamien asinnya. Seperti bakmie baso Bandung pada umumnya mie disajikan dengan bakso, tahu bakso, ataupun pangsit. Tak hanya itu, bakso gorengnya juga terkenal dan rasanya berbeda dari yang lain. Kuahnya pun bening dan gurih. Tekstur mienya pun kecil-kecil dan lembut. Topping ayamnya pun dipotong-potong halus, kemudian ditaburi di atas mie, serta dilengkapi dengan irisan daun bawang.  Untuk minumannya, jangan lupa cicipi Es Kopi Susu Encek rasa Baileys. Rasanya segar dan memanjakan lidah Anda.
 
5. BAKMIE LEZAT
Uniknya sajian bakmie di sini disajikan dengan daging ayam suwir halus sebagai topping dan disajikan bersamaan dengan bakso, pangsit ataupun tahu. Rasanya sesuai namanya: Lezat. Kuahnya pun bening dan ditaburi dengan bawang seledri yang wanginya semakin menggoda untuk dicicipi. Ada juga menu bakmie rica yang bisa membuat mata merem melek karena bisa dibilang cukup pedas. Buat yang suka makanan pedas, wajib coba mie ricanya. Penasaran dengan bakmie yang satu ini? Anda tinggal mengarahkan kendaraan ke Jalan Luna yang berada di daerah Jalan Jendral Sudirman. Buka dari jam 8.00 pagi hingga 22.00 WIB. Selain itu, Bakmie Lezat ini bisa ditemukan di Gading Serpong, tepatnya di Ruko Beryl 1 no.30.
 
6. BAKMIE TJUN TJUN (CUN CUN)
Bakmie ini merupakan bakmie Chinese kaki lima namun rasanya juara. Menunya terdiri dari, mie bakso kuah, yamien manis maupun asin, yang bisa disajikan dengan pangsit, bakso, babat, usus, dan dorokdok (kerupuk kulit). Yang membedakan Bakmie Tjun Tjun dengan bakmie yang lainnya adalah terdapat menu marus (darah). Marus ini hanya opsi, bisa dipesan sesuai selera. Selain itu penyajiannya bakso kuahnya terdapat lobak dan juga sayuran. Namun, jajanan yang satu ini baru  buka sore hari sampai malam. Jadi bagi Anda yang sedang mencari kulineran di malam hari, langsung saja meluncur ke Jalan Gardujati atau Jalan Cibadak untuk mencoba bakmie ini.
 

Photo by Selina Thomas on Unsplash
7. BAKMIE KARAPITAN
Spot kuliner yang satu ini memiliki tempat yang kecil dengan gerobak bakso di bagian depannya. Namun tempat makan ini sudah berdiri sejak 40 tahun. Kalau lagi penuh, jangan heran bisa membuat orang mengantre untuk mendapatkan giliran. Di sini, pangsit gorengnya rasanya berbeda dari yang lain. Garing dan renyah di bagian pinggirnya, serta isiannya terasa gurih. Bakmie Karapitan menyuguhkan mie spesial, yamien asin bakso, yamien manis pangsit, bihun bakso, bakso pangsit babat kuah, baso kuah,dan pangsit goreng. Penasaran? Bakmie ini berada di Jalan Karapitan No.66A.
 
8. BAKSO BINTANG AVON
Didirikan oleh  H. Maryono tahun 1991. Awal mula dinamakan Bakso Avon karena sang penjual berjualan dengan gerobaknya tepat di depan kantor Avon. Avon sendiri adalah kosmetik asal Amarika Serikat yang berpusat di Kota New York. Pak Maryono membuat mie dan baksonya sendiri. Bahkan banyak pedagang mie bakso yang memesan mie dan bakso ke Pak Maryono. Sambalnya pun ada dua macam, yaitu sambal rawit dan sambal bawang. Sambal bawangnya dibuat dari rawit merah dan bawang putih yang dicampur air. Untuk kuah kaldunya pun terbuat dari ayam kampung jadi bisa dikatakan lebih sehat. Sedangkan baksonya memiliki tekstur yang padat dengan rasa yang gurih. Tak hanya bakso halus dan urat saja yang bisa Anda pesan di sini. Bakso Avon juga menyajikan menuh tahu bakso, siomay, pangsit yang dapat dinikmati bersamaan dengan mie kuah atau yamien asin maupun manis. Bakso ini berada di Jalan Ahmad Yani no. 29A. Tidak jauh dari Simpang Lima.
 

Photo by Selina Thomas on Unsplash
9. BAKMIE AKUNG
Berawal membuka gerai pertamanya di daerah Lingkar Selatan, tepatnya di Jalan Lodaya no.123. Bakmie ini digemari banyak orang. Bahkan di jam makan siang tempat ini dipenuhi banyak pengunjung. Yang menjadi ciri khas di sini adalah bakmie basonya yang disajikan bersamaan dengan ceker. Bagi pecinta ceker jangan lewatkan tempat jajanan yang satu ini. Harga seporsi yamien asin dengan bakso, siomay, dan tahu bakso dibandrol seharga Rp53.000/porsi. But, it’s worth to try.
 
10. BAKMIE BUNGSU
Bakmie yang terletak di Jalan Veteran (dulunya bernama Jalan Bungsu), berada di sebrangnya Salon Mickey. Uniknya, bakmie ini disajikan bersamaan dengan bakso, lobak, selada, dan dorokdok (kerupuk kulit). Menunya ada mie bakso kuah, yamin manis, yamin asin, yahun (yamien bihun) manis, yahun asin, dan juga bihun kuah. Baksonya pun ada dua pilihan, yaitu bakso halus dan bakso urat, dan dapat disajikan juga dengan babat. Wangi kuah kaldunya membuat siapapun ingin langsung mencicipinya. Rasanya semakin nikmat bila dimakan selagi udara dingin ataupun  hujan. Jadi diantara 10 bakmie di atas yang telah disebutkan, favorit kalian yang mana?
Scroll To Top